Hunian Rumah Sakit Tangerang Turun, Pasien Isoman Diminta Manfaatkan Fasilitas Kesehatan

Isty Maulidya ยท Jumat, 30 Juli 2021 - 20:29:00 WIB
Hunian Rumah Sakit Tangerang Turun, Pasien Isoman Diminta Manfaatkan Fasilitas Kesehatan
Pasien isolasi mandiri memanfaatkan fasilitas kesehatan di Tangerang. (Foto dok Humas Tangerang).

TANGERANG, iNews.id - Tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 atau Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit Kota Tangerang saat ini turun menjadi 65 persen dan Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) turun menjadi 40 persen. Seminggu sebelumnya, BOR rumah sakit masih mencapai 75 persen.

Kepala Dinas Kesehatan, Liza Puspadewi pun mengungkapkan dengan angka keterisian tempat tidur yang semakin turun. Pasien isolasi mandiri (Isoman) diimbau untuk memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat, seperti RIT atau RS sebagai fasilitas kesehatan (Faskes) Pemerintah, untuk pemulihan dari virus covid-19.

"Saat ini keterisian tempat tidur covid-19 kian stabil, jadi pasien isoman bisa memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat agar terpantau dengan baik dan benar. Terlebih mereka yang berusia diatas 55 tahun, punya komorbit dan kondisi rumah tak memungkinkan menjadi ruang isolasi," kata dr Liza saat dihubungi, Jumat (30/7/21).

Kata dr Liza, walau isoman di rumah tetap dapat kiriman obat dari Puskesmas dan permakanan dari Satgas Covid-19 setempat, terlebih angka kesembuhan isoman mencapai 98 persen. Tetap saja, pilihan isoman di rumah adalah alternatif terakhir, disaat faskes penuh dan tak terbendung.

"Dengan isolasi di faskes terpusat, kita dapat terpantau dengan baik jika terjadi perburukan gejala. Serta dengan  terjaganya dokter dan perawat selama 24 jam, pemulihan pasien juga akan semakin cepat. Selain itu juga, melindungi orang-orang terdekat khususnya keluarga," katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2