Ikuti DKI Jakarta, Pemkot Bogor Segera Ajukan Penerapan PSBB ke Pemerintah Pusat

Antara ยท Selasa, 07 April 2020 - 19:58 WIB
Ikuti DKI Jakarta, Pemkot Bogor Segera Ajukan Penerapan PSBB ke Pemerintah Pusat

Rapat Pemerintah Kota Bogor dengan DPRD Kota Bogor. (Foto: Antara).

BOGOR, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor segera mengajukan penerapan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam rangka penanganan virus corona (Covid-19). Surat permohonan PSBB tengah disiapkan untuk dikirim kepada Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, jika surat usulan itu disetujui, Kota Bogor segera mengikuti langkah Provinsi DKI Jakarta untuk menerapkan PSBB.

"Pemkot Bogor sebelumnya juga akan berkonsultasi dengan Gubernur Jawa Barat," ujar Didie usai rapat kerja dengan DPRD Kota Bogor di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/4/2020).

Dia menuturkan, pemberlakukan PSBB di Jakarta harus diikuti oleh daerah penyangga, seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek). Saat ini pemerintah pusat telah menandatangani surat persetujuan untuk menerapkan status PSBB di wilayah Jakarta.

"Saya pikir daerah penyangganya harus mengikuti langkah ini sehingga penanggulangan Covid-19 di Jabodetabek, tidak parsial hanya di DKI Jakarta," ucapnya.

Menurutnya, DPRD Kota Bogor mendukung langkah Pemkot dengan catatan harus menghitung dampak lain yang ditimbulkan dari pemberlakuan PSBB.

"Pada prinsipnya, DPRD menyetujui, tapi ada catatan untuk menghitung dampak ekonomi dan sosialnya," katanya.

Editor : Kurnia Illahi