Ini Perbedaan LRT, MRT, dan KRL yang Kamu Harus Tahu! 

Ami Heppy S · Selasa, 19 Juli 2022 - 12:57:00 WIB
Ini Perbedaan LRT, MRT, dan KRL yang Kamu Harus Tahu! 
Perbedaan LRT MRT KRL (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Tahukah kamu apa perbedaan LRT, MRT, dan KRL? Baik LRT (Light Rail Transit), MRT (Mass Rapid Transit), maupun KRL (Kereta Rel Listrik) sama-sama merupakan moda transportasi berbasis rel. 

Sekilas, ketiga moda transportasi tersebut tidak ada bedanya. Selain sama-sama kereta, ketiganya juga menggunakan jenis rel yang sama. Yakni rel berukuran 1067 milimeter.

Meski memiliki banyak kesamaan, ketiganya juga masih memiliki beberapa perbedaan. Apa saja itu?
Dirangkum dari berbagai sumber, ini perbedaan LRT, MRT, dan KRL yang perlu kamu tahu.

Perbedaan LRT, MRT, dan KRL

LRT

LRT atau Light Rail Transit pertama kali beroperasi di Palembang pada 2018. Sedangkan uji coba LRT di Jakarta mulai dilakukan pada tahun 2019 lalu. Pembangunan proyek LRT ini awalnya diperuntukkan untuk mempermudah akses dalam Asian Games 2018.

Dari segi kapasitas, LRT ini hanya mampu menampung sekitar 600 penumpang. LRT juga memiliki jalur yang berbeda, yakni hanya melewati jalur layang dan tidak melintasi jalur bawah tanah. 

Sesuai namanya, LRT memiliki ukuran yang lebih ramping dari kereta lainnya dan mampu bergerak dengan kecepatan sekitar 90 km/jam.

MRT

Berbeda dengan LRT, MRT mampu mengangkut penumpang dalam jumlah yang lebih banyak, yakni sebanyak 1950 penumpang dalam satu rangkaian kereta dengan 6 gerbong.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda