Jaket Bring Me The Horizon Jadi Kunci Penangkapan Sindikat Perampok Minimarket

Antara ยท Jumat, 05 Juni 2020 - 23:01 WIB
Jaket Bring Me The Horizon Jadi Kunci Penangkapan Sindikat Perampok Minimarket

Polres Metro Jakbar menangkap sindikat perampok minimarket. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Polres Metro Jakarta Barat berhasil membekuk sindikat perampok minimarket di kawasan Maphar, Taman Sari, Jakarta Barat. Dalam penggerebekan di Bekasi pada Kamis (4/6/2020) kemarin, empat pelaku terpaksa ditembak karena melawan dengan senjata api, bahkan dua di antaranya tewas.

Kanit Kriminal Umum Polres Metro Jakarta Barat, Iptu Dimitri Mahendra mengatakan kunci pengungkapan sindikat ini yaitu jaket grup musik Bring Me The Horizon yang dipakai salah satu pelaku saat beraksi. Jaket tersebut terlihat dipakai di beberapa lokasi perampokan yang diketahui melalui rekaman CCTV.

"Dalam beberapa rekaman CCTV di lokasi perampokan terlihat jaket yang serupa. Tapi mereka mengelak pernah merampok di Kembangan, Jakarta Barat," katanya di Jakarta, Jumat (5/6/2020).

Setelah diperiksa intensif, tiga pelaku berinisial SG (31), ZD (25), dan AH (25) mengakui perbuatannya. Mereka juga mengaku pernah melakukan kejahatan serupa di kawasan Pesanggrahan, Jaksel dan Duren Sawit, Jaktim.

Dalam beberapa aksinya sindikat ini berhasil membawa kabur uang lebih dari Rp100 juta. Para pelaku terancam dijerat pasal 365 KUHP tentang pencurian disertai kekerasan, dengan ancaman hukuman 12 tahun.

"Mereka mengaku uang itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi selama masa pandemi covid-19," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan terjadi adu tembak dalam penggerebekan sindikat perampok minimarket ini di Bekasi. Akibatnya dua pelaku berinisial RH (26) dan MS (28) tewas.

Sementara dua orang lainnya berinisial SG (31) dan ZD (25) mengalami luka tembak di bagian kaki serta AH (25) menyerah. Polisi masih memburu satu buron yang berhasil melarikan diri dalam penggerebekan itu.

Editor : Rizal Bomantama