Jelang Street Race, Pembalap dari Berbagai Kelas Uji Coba Lintasan Ancol 

Yohannes Tobing · Jumat, 14 Januari 2022 - 21:49:00 WIB
Jelang Street Race, Pembalap dari Berbagai Kelas Uji Coba Lintasan Ancol 
Sejumlah pembalap dari berbagai kelas mesin kembali melakukan uji coba lintasan di Jalan Inspeksi Kali Ancol, Pademangan (Foto : Yohannes Tobing)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah pembalap dari berbagai kelas mesin kembali melakukan uji coba lintasan di Jalan Inspeksi Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Balapan akan digelar pada Minggu (16/1/2022).

Berdasarkan pantauan MNC Portal di lokasi, sejumlah petugas dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Wilayah Jakarta Utara melakukan penutupan di sepanjang jalan Lodan atau Inspeksi Kali Ancol pada Jumat (14/1/2022) Sore.

Hal ini dilakukan untuk mensterilkan jalanan supaya bebas hambatan. Tidak berapa anggota Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya bersama dengan sejumlah pembalap terlihat datang ke lokasi street race.

Terpantau dari sejumlah motor yang datang berasal dari beberapa kelas mesin baik 2 tak maupun 4 tak dan ada juga klasifikasi motor matik yang ikut serta dalam uji coba ini. 

Setelah melakukan sejumlah perbincangan dengan petugas dan melihat kondisi lintasan telah aman. Satu persatu pembalap ataupun joki mulai mempersiapkan motornya untuk di uji coba. 

Dengan aba-aba diberikan oleh rekan dan petugas, para pembalap pun langsung mentancap gas motornya melajukan drag bike-nya. Bisingnya raungan mesin baik 150, CC, 650 CC hingga 1000 CC melengkapi lintasan sepanjang 1,1 kilometer.

Anggota Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Harnas mengatakan bahwa dalam Uji Coba kali ini pihaknya ingin memastikan bahwa lintasan maupun arena telah siap dan aman untuk digunakan masyarakat maupun pembalap. 

"Untuk persiapan hari minggu kegiatan street race tentunya mengecek ulang kembali aspal-aspal yang sudah diperbaiki dan juga dinding-dinding yang sudah kita cat semuanya untuk keselamatan," kata Harnas saat ditemui di lokasi. 

Dikatakan Harnas, nantinya panjang lintasan street race dengan konsep drag race ini memiliki panjang yang berbeda beda. Seperti jarak tempuh, jarak finish dan jarak untuk pengereman yang berbeda.
 
"Untuk lintasan yang kita gunakan sepanjang 700 meter. 500 meter untuk start sampai finish, 200 meter untuk jarak aman pengereman. Kami pastikan ini sudah aman, namun proses kelengkapan terus berjalan hari ini sampai besok dan kita akan akan cek terus," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: