Joe Biden Prediksi Jakarta Tenggelam, Anies : Tak Bisa Diartikan secara Sederhana

Antara · Rabu, 11 Agustus 2021 - 09:45:00 WIB
Joe Biden Prediksi Jakarta Tenggelam, Anies : Tak Bisa Diartikan secara Sederhana
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengenai Jakarta akan tenggelam.(Foto MNC Portal/Jonathan Nalom).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengenai Jakarta akan tenggelam dalam beberapa tahun mendatang. Pernyataan Biden sejatinya tidak bisa diartikan secara sederhana.

Menurut Anies, pernyataan Biden untuk pertobatan pola berpikir (paradigma) Amerika dari pola berpikir di era Presiden Donald Trump.

Dalam pernyataannya itu, Biden sebenarnya sedang mengajak Amerika dan seluruh dunia agar mengubah paradigma ekonomi yang menginginkan agar keberlangsungan ekonomi harus selaras dengan kelestarian alam.

"Joe Biden sedang mengajak Amerika untuk melakukan kami sebut dengan istilah pertobatan paradigmatik. Karena kita tahu posisi Amerika pada beberapa tahun sebelumnya berseberangan sekali," katanya dalam rekaman webinar Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung, Selasa (10/8/2021). 

Dia mengatakan bahwa Biden mengkritik habis eranya Donald Trump pada masa kepemimpinan sebelumnya. Trump disebut mengabaikan pertimbangan ekologis, dan menganggap regulasi lingkungan sebagai hambatan pertumbuhan ekonomi.

Selain mengajak Amerika dan negara lain mengubah pola berpikir dalam ekonomi, pernyataan Biden, menurut dia, memberikan tanda bahwa Indonesia menjadi perhatian dari masyarakat internasional. Menurut dia, Indonesia dianggap penting sebagai salah satu tempat yang menunjukkan sehat-tidaknya ekosistem bumi.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: