Kasus Covid-19 di India Naik Lagi, DPR Minta Pemerintah Waspada

rahmatulloh ยท Senin, 12 April 2021 - 16:07:00 WIB
Kasus Covid-19 di India Naik Lagi, DPR Minta Pemerintah Waspada
Ilustrasi Covid-19 (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - DPR meminta Indonesia berkaca pada lonjakan kasus Covid-19 di negara India. Kasus di India meningkat hingga 168.000 pasien positif terpapar dalam sehari.

"Meningkatnya kasus di India karena disebabkan kerumunan masyarakat yang tidak mengunakan masker dan tidak adanya jaga jarak antara lain dalam kegiatan kegiatan keagamaan dan politik di sana harus menjadi pelajaran berharga buat negara lain termasuk kita di Indonesia," ujar Anggota Komisi IX DPR, Rahmad Handoyo,  kepada wartawan, Senin (12/4/2021).

Menurut Rahmad, saat ini pemerintah sudah dalam koridor yang benar dalam penanganan covid-19 di dalam negeri. Ini terbukti dengan penerapan kebijakan PPKM skala mikro yang telah membawa hasil dengan melandainya kasus positif.   

"Namun Pemerintah meskipun kasus sudah mulai melandai tidak kendor dan tetap fokus pada pengendalian covid, salah satu kebijakan adalah melarang mudik lebaran dan memotong cuti bersama," katanya.

Di sisi lain, Politikus PDI Perjuangan itu juga berkaca melonjaknya kasus covid-19 di negara India, disebabkan oleh kerumunan dan tidak adanya jaga jarak maka kebijakan Pemerintah untuk wajib 3 M dan ditambah menghindari, mengurangi  mobilitas serta menjauhi kerumunan harus dilakukan bersama sama Pemerintah Pusat, Daerah, tokoh pemuka masyarakat keagamaan serta seluruh masyarakat harus benar-benar menjalankan wajib  5 M dan menegakkan aturan ini.

"Kepada para tokoh masyarakat, keagamaan untuk turut serta mengelorakan wajib 5 M," ujarnya. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq