Kebakaran Hanguskan Salah Satu Ruangan Hotel di Bogor, Damkar: Akibat Kabel Terbakar di Plafon

Putra Ramadhani Astyawan ยท Sabtu, 04 Juni 2022 - 19:43:00 WIB
Kebakaran Hanguskan Salah Satu Ruangan Hotel di Bogor, Damkar: Akibat Kabel Terbakar di Plafon
Kebakaran menghanguskan ruangan fasilitas karyawan The Mirah Hotel di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Sabtu (4/6/2022). (Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan)

BOGOR, iNews.id - Kebakaran menghanguskan ruangan fasilitas karyawan The Mirah Hotel di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Sabtu (4/6/2022). Dugaan sementara, penyebab kebakaran karena adanya korsleting listrik.

"Sedang dalam pendinginan. Alhamdulillah lokasi sudah bisa diamankan," kata Kabid Pemadam dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bogor, M Ade Nugraha, Sabtu (4/6/2022).

Ade menyebut diduga penyebab kebakaran karena adanya kabel di atas plafon di ruangan tersebut terbakar. Sehingga, sumber api berada di atas plafon dan menyebabkan kepulan asap di bawah.

"Setibanya kami di lokasi, lantai 1 terutama ruang makan dipenuhi dengan asap. Jadi diduga asap itu berasal dari plafon. Jadi ada kabel yang terbakar dari plafon lantai 1, kemudian plafon terbakar. Sehingga api merembet ke bawah ke ruang makan," ucapnya.

Terdapat lima unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan untuk menjinakkan api. Petugas sempat kesulitan karena asap yang memenuhi ruangan.

"Karena ruangan penuh dengan asap. Jadi seperti lazimnya ruang di bawah itu pasti kurang ventilasi. Jadi asap itu berputar di dalam ruangan. Ruangan penuh dengan asap sehingga agak menyulitkan pasukan untuk intervensi ke dalam," ucapnya.

Dalam ruangan tersebut, lanjut Ade, terdapat beberapa fasilitas karyawan hotel yang terbakar yakni ruangan makan, ruang bahan makanan, dan loker. Satu karyawan hotel sempat sesak napas karena terlalu banyak menghirup kepulan asap.

"Jadi ada sekitar tiga ruangan yang terbakar. Ada satu orang yang menghirup asap dari karyawan hotel. Kondisinya sekarang udah aman," tuturnya.

Di sisi lain, ketika kebakaran terjadi menurut pengunjung hotel alarm tidak berbunyi atau berfungsi. Ke depan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terkait proteksi kebakaran gedung tersebut.

"Informasi dari penghuni hotel tadi tidak ada alarm berfungsi. Jadi kemungkinan pada saat kejadian, alarmnya mati. Insya Allah kami ke depannya akan cek kembali. Nanti akan dicek kembali sistem proteksi kebakaran yang ada di sini," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda