Kekurangan Nakes, Bekasi Siapkan Tenaga Lepas Harian Jadi Relawan Covid-19

Abdullah M Surjaya · Jumat, 16 Juli 2021 - 10:46:00 WIB
Kekurangan Nakes, Bekasi Siapkan Tenaga Lepas Harian Jadi Relawan Covid-19
Tenaga kesehatan merawat pasien Covid-19. (Foto Sindonews).

BEKASI, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Bekasi mempersiapkan tenaga harian lepas atau THL menjadi relawan untuk penanganan Covid-19. Selain itu, pemerintah setempat terus melakukan rekrutmen tenaga medis baru untuk segera ditempatkan dan membantu penanganan pasien Covid-19.

”Karena kita kekurangan tenaga medis, opsinya ya mempersiapkan THL untuk menjadi relawan sambal merekrut tenaga medis,” kata Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Herman Hanafi, Jumat (16/7/2021). 

THL yang diusulkan menjadi relawan akan diberikan pelatihan oleh Satgas Covid-19 sebelum ditentukan penempatannya.

Menurut dia, THL tersebut akan diambil dari sejumlah instansi perangkat daerah yang ada. Seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemadam Kebakaran dan lainnya.

”Kita evaluasi kebutuhan kita, ada kekurangan dari SDM. Keinginan Forkopimda juga untuk relawan vaksinasi diarahkan dari tenaga harian lepas,” ujarnya.

Herman menegaskan pemerintah daerah akan terus mengevaluasi semua kebutuhan, baik sumber daya manusia maupun anggaran dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Bekasi. Salah satu itu segera segera mengisi kurangnya tenaga kesehatan dalam menangani pasien Covid-19. Sebab, 4 perawat menangani hampir 30 pasien Covid-19.

”Karena jumlah nakes kita belum sebanding dengan jumlah warga yang terpapar Covid-19 . Bahkan tenaga kesehatan kita juga banyak yang terpapar, itu semua harus disupport dari sumber daya manusia. Kita juga sedang rekrutmen, semoga masalah kurangnya tenaga medis di kita dalam waktu dekat bisa teratasi,” ungkapnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: