Kendaraan Umum dan Pribadi Berusia 10 Tahun Lebih Dilarang Melintas Jakarta

Wildan Catra Mulia ยท Jumat, 02 Agustus 2019 - 10:38:00 WIB
Kendaraan Umum dan Pribadi Berusia 10 Tahun Lebih Dilarang Melintas Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang kendaraan, baik pribadi dan umum, yang berusia di atas 10 tahun melintas di jalan Ibu Kota. Larangan itu tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Ingub tersebut ditandatangani Anies pada Kamis, 1 Agustus 2019.

Dalam aturan tersebut, Anies meminta Kepala Dinas Perhubungan (Dishhub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyiapkan rancangan peraturan daerah (raperda) yang mengatur usia kendaraan yang melintasi Ibu Kota.

"Memastikan tidak ada angkutan umum yang berusia di atas sepuluh tahun dan tidak lulus uji emisi beroperasi di jalan serta menyelesaikan peremajaan seluruh angkutan umum melalui program Jak Lingko pada tahun 2020," tulis Anies di dalam Ingub, Jumat (2/8/2019).

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) ini juga memerintahkan Syafrin untuk mempercepat peremajaan 10.047 armada bus kecil, sedang dan besar serta pengintegrasiannya dengan Jak Lingko pada 2020.

Anies juga membatasi umur kendaraan pribadi. Mantan rektor Universitas Paramadina ini menargetkan tak ada lagi mobil yang berumur di atas 10 tahun melintas di jalanan Ibu Kota pada 2025 mendatang.

"Memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai pada tahun 2019 dan memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 (sepuluh) tahun yang dapat beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada tahun 2025," tulisnya.

Anies juga meminta Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) agar mensyaratkan pelaksanaan uji emisi secara berkala bagi seluruh kendaraan bermotor sebagai salah satu syarat dalam pemberian izin operasional kendaraan.

"Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, agar menyiapkan rancangan Peraturan Daerah tentang pembatasan usia kendaraan di atas 10 (sepuluh) tahun pada tahun 2020," kata Anies.

Editor : Djibril Muhammad

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda