Keunggulan Robot Damkar Pemprov DKI Tahan Ledakan dan Mampu Pindahkan Material 8 Ton

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 18:30 WIB
Keunggulan Robot Damkar Pemprov DKI Tahan Ledakan dan Mampu Pindahkan Material 8 Ton

Mobil robot pemadam kebakaran milik Pemprov DKI Jakarta yang dibeli dari Kroasia dan Australia. (Foto: iNews.id/ Wildan Catra Mulia)..

JAKARTA, iNews.id - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memiliki dua unit mobil robot pemadam kebakaran (damkar) untuk memadamkan api. Kedua unit itu dibeli dari Kroasia dan Australia seharga Rp40 miliar.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Pemprov DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan satu unit bernama DOK-INK MVF5-U3 bernilai Rp32 miliar memiliki banyak kegunaan. Selain mampu memadamkan api juga bisa mengurai puing dalam skala besar.

Robot tersebut, dilengkapi dengan tangki air dengan kapasitas 2.500 liter dan foam 500 liter, pemancar air (nozle) serta memiliki pompa yang mampu menekan air di atas 15 bar.

Alat itu dinilai sangat efektif dalam operasi pemadaman api dan mampu menyemprotkan air murni sejauh 55 meter, jika dengan foam mampu menyemprot sejauh 45 meter.

"Terutama pada kebakaran berskala besar dan banyak tumpukan material yang ambruk akibat kebakaran sehingga proses pemadaman dan overhaul tidak terlalu lama," ujar Satriadi di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran, Gambir, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Menurutnya, robotik DOK-INK MVF5-U3 dikendalikan dengan sistem remote control dari jarak 500 meter hingga 1 kilometer. Sistem ini bermanfaat untuk dioperasikan di lokasi kebakaran yang membahayakan petugas, seperti di lokasi kebakaran yang terdapat bahan kimia dan beracun.

Sementara cara kerja unit pengurai dengan membuka dan mendorong tumpukan material atau bahan bertumpuk sekaligus menyemprotkan air ke titik api tertutup oleh tumpukan bangunan yang ambruk.

"Robot ini tahan ledakan sehingga saat terjadi ledakan, robot tidak terganggu fungsinya," katanya.

Kemudian robot DOK-INK MVF5-U3 dilengkapi gripper atau alat pencapit dan seling atau alat penarik beban, sehingga jika di lokasi kebakaran ada kendaraan atau benda seberat 8 ton yang menghalangi dapat ditarik untuk dikeluarkan dari lokasi kebakaran ke tempat lebih aman.

"Robotik dapat beroperasi pada lokasi yang ekstrem dengan sudut kemiringan sampai dengan 30 derajat, roda unit terdiri dari dua jenis baja yang dapat disesuaikan kebutuhannya," ucapnya.

Mobil robot pemadam kebakaran milik Pemprov DKI Jakarta yang dibeli dari Kroasia dan Australia. (Foto: iNews.id/ Wildan Catra Mulia).
Mobil robot pemadam kebakaran milik Pemprov DKI Jakarta yang dibeli dari Kroasia dan Australia. (Foto: iNews.id/ Wildan Catra Mulia).

Sedangkan keunggulan robot damkar LUF 60 dibeli dari Autralia seharga Rp8 miliar bisa masuk gang kecil hingga lokasi yang sulit terjangkau dan berbahaya bagi petugas. "Dia bisa menyedot asap dan pemadaman juga," katanya.

LUF 60 berukuran 135 sentimeter sehingga diprioritaskan untuk mengatasi kebakaran di terowongan MRT atau LRT. Robot ini mampu menyemprotkan air dalam bentuk water fog, water canon dan foam dengan jangkauan mencapai 70-80 meter.

Menurutnya, LUF 60 mempunyai built in pompa atau tenaga pompa eksternal yang bisa dioperasikan secara independen dengan sumber air dari hidran pilar atau sumber air lain.

Bahkan, robot ini mampu menggeser dan memindahakan material kebakaran dengan berat maksimal 600 kilogram untuk mempermudah menjangkau sumber api. Sedangkan sistem pengoperasiannya menggunakan baterai yang bisa dioperasikan selama 6 jam.

"Ini kan menggunakan remote control berjarak500 meter sampai 1 kilometer," katanya.


Editor : Kurnia Illahi