Komplotan Maling Gasak 23 Burung Murai Batu Rp1,4 Miliar di Bekasi

Antara ยท Rabu, 01 Mei 2019 - 17:20 WIB
Komplotan Maling Gasak 23 Burung Murai Batu Rp1,4 Miliar di Bekasi

Polisi menyelidiki pencurian 23 burung Murai Batu di Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (30/4/2019). (Foto: ilustrasi/JJharrison).

BEKASI, iNews.id, - Malang benar nasib Edy Saputro. Warga Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat ini kehilangan 23 burung jenis Murai Batu miliknya akibat digondol maling. Kerugian mencapai Rp1,4 miliar.

Edy menuturkan, peristiwa itu terjadi pada Selasa (30/4/2019). Puluhan Murai Batu tersebut sebelumnya berada di penangkaran.

"Burung itu saya simpan di penangkaran bernama Pondok 279 Bird Farm, Jalan Lapangan Kampung Babakan, Mustikajaya," kata Edy, Rabu (1/5/2019).

Edy menduga, aksi pencurian itu dilakukan pada tengah malam dan dilakukan oleh komplotan. Sebab, sekeliling tempat penangkaran burung telah ditembok tinggi.

Dia mengetahui pencurian ini ketika hendak berangkat ke Jababeka, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Karyawannya memberi tahu kandang burung telah acak-acakan.

"Burung-burung mahal yang dicuri. Gembok kandang dibobol," katanya. Akibat kejadian ini dia mengaku rugi setidaknya Rp1,4 miliar. Sebab, harga burung bervariasi antara Rp50 juta hingga Rp300 juta.

Kapolsek Bantar Gebang AKP Siswo mengaku telah menerima laporan pencurian itu dan menyelidikinya. Berdasarkan olah tempat kejadian perkara, ditemukan alat bukti berupa sebuah tangga dari kayu.

"Kami menduga komplotan pencuri ini menggunakan tangga untuk menaiki pagar penangkaran. Kami juga memeriksa rekaman CCTV dan juga telah mengambil sidik jari," ujar Siswo.

Editor : Zen Teguh