Kunjungi Lokasi Longsor Pamijahan Bogor, Risma: Kami Akan Evaluasi Seluruhnya

Putra Ramadhani Astyawan ยท Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:26:00 WIB
Kunjungi Lokasi Longsor Pamijahan Bogor, Risma: Kami Akan Evaluasi Seluruhnya
Mensos Tri Rismaharini mengunjungi dapur umum posko bencana banjir dan longsor Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jumat (24/6/2022) malam. (Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan)

BOGOR, iNews.id - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini akan berkoordinasi dengan Badan Geologi Kementerian ESDM untuk mengkaji lokasi bencana banjir dan longsor di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Hal itu untuk mengetahui kelayakan lokasi tersebut sebagai permukiman.

Hal itu dikatakannya di dapur umum posko bencana banjir dan longsor Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jumat (24/6/2022) malam.

"BPBD dengan kami dan Dinas Sosial nanti evaluasi seluruhnya. Jadi nanti kita akan komunikasi dengan Badan Geologi yang di bawah Kementerian ESDM maupun BMKG supaya kita dapat melihat kondisinya seperti apa di kawasan ini," kata Risma dikutip Sabtu (25/6/2022).

Kajian menjadi penting apabila nantinya ada rencana terkait relokasi rumah warga yang terdampak bencana. Sehingga, warga nantinya akan lebih aman.

"Karena tidak bisa kita memutuskan (relokasi langsung). Karena itu harus dievaluasi secara menyeluruh dulu untuk mengetahui kondisi di daerah ini seperti apa. Sebelum diambil keputusan, sebaiknya memang harus ada kajian-kajian soal itu. Mungkin saja terjadi (relokasi), cuma kan harus dilihat kondisi lokasinya bahwa itu safe betul gitu," ucapnya.

Kementerian Sosial, lanjut Risma akan terus membantu pengungsi selama masih ada. Tetapi, harus ada langkah selanjutnya pascabencana.

"Kalau dari kami, kami membantu selama masih ada pengungsian itu masih ada kita akan bantu terus. Nah kalau memang masih dibutuhkan, kami akan bantu. Cuma kan tidak bisa selamanya seperti ini. Karena itu tadi, langkah yang berikutnya itu tadi saya sampaikan harus dievaluasi menyeluruh kawasan ini," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda