Masjid Dekat Rumah Jusuf Kalla Disemprot Cairan Disinfektan

Antara ยท Minggu, 08 Maret 2020 - 11:31 WIB
Masjid Dekat Rumah Jusuf Kalla Disemprot Cairan Disinfektan

Masjid Nurul Hidayah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dekat rumah mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK), Minggu (8/3/2020) disemprot cairan disinfektan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Masjid Nurul Hidayah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dekat rumah mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK), Minggu (8/3/2020) disemprot cairan disinfektan. Penyemprotan cairan disinfektan bertujuan untuk menjaga kebersihan masjid dan melindungi jemaah agar terhindar penyebaran virus korona (Covid-19).

Sebanyak empat petugas menggunakan pakaian pelindung diri (APD) berwarna putih lengkap dengan kaca mata dan masker serta sarung tangan melakukan penyemprotan sekeliling masjid hingga bagian dalam.

Setiap sudut dinding masjid, pintu, jendela, ventilasi, karpet hingga lantai masjid di semprot cairan disinfektan. petugas kebersihan Masjid Nurul Hidayah juga ikut membersihakan wilayah masjid lainnya seperti di bagian kamar mandi, toilet dan tempat wudhu.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla meninjau langsung penyemprotan disinfektan. "Ini dalam rangka menjaga agar jemaah kita tidak ada yang tertular maka harus betul-betul bersih," katanya.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla. (Foto: Antara)
Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla. (Foto: Antara)

JK menyebutkan kegiatan membersihkan masjid yang dilakukan di Masjid Nurul Hidayah dapat ditiru masjid-masjid lainnya yang ada di seluruh Indonesia. Dengan aksi bersih-bersih tersebut, menurut dia, merupakan salah satu cara menyelamatkan masyarakat dari penyebaran virus korona yang berkembang begitu cepat.

"Ingat sekali lagi di China dimulai dari dua orang dari pasar, karena dari pasar kita tidak tahu banyak kegiatan kenalah semua orang, di Korea juga dimulai dari gereja, dari komunitas gereja, di Iran dimulai dari komunitas jemaah," tuturnya.

JK menuturkan, karena masjid yang setiap hari dipadati jamaah maka harus dijaga kebersihannya. "Jangan lupa ajaran agama kita selalu pahami dan bahwa kebersihan bagian dari iman," ujarnya.

Kegiatan pembersihan masjid dan penyemprotan cairan disinfektan dilakukan dari pukul 07.00 WIB hingga selesai. Sebelumnya Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) mengimbau kepada anggotanya agar lebih rajin membersihkan masjid dengan disinfektan.


Editor : Djibril Muhammad