Mendagri Tito Karnavian: Pilkades Ditunda sampai Pilkada Selesai

Dita Angga, Sindonews · Jumat, 13 November 2020 - 11:05:00 WIB
Mendagri Tito Karnavian: Pilkades Ditunda sampai Pilkada Selesai
Mendagri Tito Karnavian memastikan pelaksanaan pilkades ditunda sampai pilkada selesai. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan pemilihan kepala desa (pilkades) yang sejatinya dilaksanakan tahun 2020 ditunda. Dia menegaskan pilkades ditunda hingga pilkada pada 9 Desember 2020 selesai.

Tito menjelaskan penundaan dilakukan karena belum ada aturan pilkades yang dinilai mengikat pelaksanaan protokol kesehatan seperti pada Pilkada 2020.

"Kita tidak ingin kegiatan yang masif di tingkat desa ini dapat menimbulkan penularan atau penyebaran Covid-19,” kata Tito melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (13/11/2020).

Selanjutnya Kemendagri akan merevisi aturan pilkades agar pelaksanaannya mematuhi protokol kesehatan. Selain itu Tito memastikan pilkades harus menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Setelah Pilkada selesai baru kita bisa melaksanakan Pilkades yang waktunya ditentukan oleh kepala daerah tingkat II masing-masing baik bupati maupun walikota. Dalam Permendagri ini ada tata cara tentang pelaksanaan Pilkades sesuai dengan protokol Covid-19,” ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2