Menjajal MRT: Bundaran HI-Lebak Bulus 30 Menit, Antarstasiun 2 Menit

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 13 Maret 2019 - 07:26 WIB
Menjajal MRT: Bundaran HI-Lebak Bulus 30 Menit, Antarstasiun 2 Menit

Penumpang MRT Ratangga pada uji coba perdana untuk masyarakat umum pada Selasa (12/3/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id, – Perjalanan menggunakan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta bukan hanya cepat, namun nyaman dan menyenangkan. Kereta baru itu melaju mulus untuk mengantarkan penumpang ke tujuan.

Kesan cepat dan nyaman itu yang tertangkap ketika iNews.id turut menjajal MRT pada uji coba perdana untuk masyarakat umum pada Selasa (12/3/2019).

Memulai dari Bundaran Hotel Indonesia (HI), penumpang lebih dulu masuk lewat pintu di depan Plaza Indonesia untuk menuju stasiun. Di tempat itu, penumpang akan disambut eskalator.

Setelah melintasi lorong dan eskalator lagi, penumpang akan sampai di Stasiun Bundaran HI. Tak usah khawatir soal pengap atau gerah. Seluruh area itu terasa sejuk karena fasilitas pendingin ruangan (AC) bekerja baik.

Untuk diketahui, Ratangga untuk saat ini melayani rute Lebak Bulus-Bundaraan HI. Dalam jalur tersebut kereta cepat ini akan menyinggahi tujuh stasiun layang dan enam stasiun bawah tanah.

Stasiun layang terdapat di Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M dan Sisingamangaraja. Sedangkan Stasiun bawah tanah yakni Stasiun Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas dan Bundaran HI.

Dirut PT MRT Jakarta William Syahbandar mengatakan, pada uji coba perdana kereta hanya mengangkut 4.000 dari 285.600 penumpang yang telah mendaftar.

"Mulai hari ini kita membuka diri untuk melakukan ujicoba selama dua minggu. Hari pertama ini kita akan angkut 4.000 orang," kata William di Kantor MRT Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Berangkat dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (Jakarta Pusat) menju Depo Lebak Bulus (Jakarta Selatan), Kereta Ratangga (nama MRT) hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Saat berpindah dari satu stasiun ke stasiun lain, waktu tempuh rata-rata dua menit. Adapun waktu berhenti di setiap stasiun hanya satu menit untuk menaikan atau menurunkan penumpang.

Kecepatan kereta 80 kilometer per jam ketika di bawah tanah dan 100 kilometer per jam k di jalur layang.

Berikut catatan waktu tempuh dalam uji coba itu:

HI-Dukuh Atas: 2 menit.
Dukuh Atas-Setiabudi: 1 menit.
Setiabudi- Benhil: 2 menit.
Benhil-Istora: 2 menit.
Istora-Senayan: 1 menit.
Senayan-Sisingamangaraja: 2 menit.
Sisingamangaraja-Blok M : 1 menit.
Blok M-Blok A: 2 menit.
Blok A-Haji Nawi: 1 menit.
Haji Nawi-Cipete Raya: 1 menit.
Cipete Raya-Fatmawati: 3 menit.
Fatmawati-Lebak Bulus: 2 menit.

Editor : Zen Teguh

TAG :