MNC Peduli Ajak Karyawan Bantu Pasien Covid-19 dengan Donor Plasma

Komaruddin Bagja Arjawinangun · Jumat, 09 April 2021 - 15:24:00 WIB
MNC Peduli Ajak Karyawan Bantu Pasien Covid-19 dengan Donor Plasma
MNC Peduli bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta melaksanakan donor plasma konvalesen untuk membantu pasien Covid-19, Jumat (9/4/2021). (Foto: MPI/K Bagja Argawinangun).

JAKARTA, iNews.id - MNC Peduli kembali mengajak karyawan MNC Group untuk membantu pasien Covid-19 dengan donor plasma konvalesen. Donor plasma untuk kedua kalinya ini dilaksanakan di PMI Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (9/4/2021).

Kegiatan ini sebagai dukungan gerakan nasional pendonor plasma konvalesen yang dicanangkan oleh PMI. Donor plasma saat ini masih menjadi salah satu alternatif pengobatan Covid-19 untuk pasien dengan gejala berat. Donor yang digunakan yaitu plasma konvalesen dari penyintas Covid-19 dengan gejala.

Ketua Bidang Kerja Sama dan Kemitraan PMI DKI Jakarta Arya Sandhiyudha mengatakan, terapi plasma konvalesen cukup baik dilakukan untuk membantu memperkuat imunitas dari para pasien Covid-19. Plasma konvalesen  dijadikan terapi alternatif bagi mereka yang terpapar virus corona.

"Jadi ini kita memberikan terapi bagi para penyintas Covid-19 sehinga mereka ini dianggap memiliki antibodi dalam tubuhnya. Ini kampanye nasional dan positif dari pemerintah yang seharusnya dilakukan para penyintas setelah sembuh dari Covid-19," kata Arya. 

Berbagai macam tes dilakukan sebelum penyintas Covid-19 dapat mendonorkan plasmanya. Tahapan pertama para penyintas harus melalui wawancara yang dilakukan oleh PMI mengenai kondisi kesehatan terakhir dan riwayat gejala saat menderita Covid-19. 

Setelah itu, calon pendonor harus diambil sampel darah untuk pemeriksaan antibodi Covid-19, darah perifer lengkap (DPL), Hepatitis B, Hepatitis C, VDRL dan HIV.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2