MNC Peduli Bersama IZI Perbaiki Musala dan TPA serta Sosialisasi Covid-19 di Desa Pantai Bakti Bekasi

Rizki Maulana · Sabtu, 23 Mei 2020 - 23:13 WIB
MNC Peduli Bersama IZI Perbaiki Musala dan TPA serta Sosialisasi Covid-19 di Desa Pantai Bakti Bekasi

MNC Peduli bersama IZI meresmikan Musala Hidayatul Muttaqin, Kampung Bungin, Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi setelah selesai diperbaiki. (Foto: MNC Peduli)

BEKASI, iNews.id – Jelang 10 hari terakhir bulan suci Ramadan, MNC Peduli bersama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) melaksanakan kerja sama program rehabilitasi musala. Kegiatan ini dilaksanakan di Musala Hidayatul Muttaqin, Kampung Bungin, Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi pada 19 Mei 2020.

Desa Pantai Bakti yang terletak di ujung Muara Gembong, Bekasi merupakan wilayah binaan MNC Peduli yang di dalamnya terdapat musala hasil gotong royong para nelayan sekitar. Perbaikan sempat dilaksanakan pada tahun 2008 lalu, di mana ada penambahan ruang belajar TPA dan TPQ bagi anak-anak rentang usia lima hingga 10 tahun.

Namun perbaikan itu dirasa masih kurang, ditambah lagi tiadanya perbaikan lanjutan hingga kini. Bangunan Musala Hidayatul Muttaqin juga tak berkarpet. Alat pengeras suara yang dimilikinya tampak usang. Hal ini berdampak langsung dengan kenyamanan dalam beribadah dan menyiarkan azan sholat.

Ruang belajar anak-anak TPA dan TPQ Hidayatul Muttaqin makin tidak cukup menampung anak-anak Kampung Bungin, Desa Pantai Bakti. Seiring berjalannya waktu, jumlah peserta didiknya mencapai 64 anak. Ruangan tampak sesak ketika waktu belajar dimulai. Beberapa fasilitas lain seperti jendela, kaca, dan tempat wudu juga perlu diperbaiki agar musholla tampak nyaman untuk digunakan jemaah masjid melaksanakan ibadah.

Situasi pandemi covid-19, tidak menjadi halangan MNC Peduli bersama IZI menyukseskan perbaikan Musala Hidayatul Muttaqin dengan menyalurkan cat beserta peralatannya, karpet sholat, dan seperangkat sound system. Pada kegiatan ini, tim MNC Peduli dan IZI bergotong royong bersama masyarakat setempat untuk mengecat dinding-dinding musala.
Di samping itu MNC Peduli dan IZI melakukan dekorasi interior bangunan Musala Hidayatul Muttaqin dengan pemasangan jendela, karpet, dan sound system di dalamnya.

“Kami bersinergi dengan MNC peduli untuk bedah musala di daerah Pantai Bakti, Kabupaten Bekasi. Kondisinya memang harus diperbaiki dan kami besinergi dengan MNC agar sama-sama memperbaiki dan melengkapi fasilitas yang nanti bisa digunakan oleh masyarakat yaitu dalam bentuk pengecatan, renovasi beberapa bagian, dan sound system dengan perlengkapan ibadah dan seterusnya. Selain itu kami kami menyiapkan paket ramadhan dalam bentuk kebutuhan pokok sehari-hari,” ucap Direktur Utama IZI, Wildhan Dewayana.

Pada 19 Mei 2020 perwakilan MNC Peduli didampingi Direktur Utama IZI, Wildhan Dewayana, meresmikan perbaikan Musala Hidayatul Muttaqin langsung di lokasi. Mereka bersama-sama ikut mengecat dinding musala disertai antusias warga dan anak-anak sekitar yang menyaksikan musala mereka siap digunakan kembali. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker dan menjaga jarak fisik.

“MNC Peduli bersama IZI meresmikan perbaikan salah satu musala dan TPA yang ada di desa binaan kami di Desa Pantai Bakti, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Kami bekerjasama dengan IZI untuk bersama-sama memperbaiki musala agar warga di sana dapat belajar dan beribadah dengan layak dan nyaman. Selain itu, kami juga membagikan masker kain untuk santri agar tetap bisa menjalankan protokol kesehatan dalam situasi pandemi ini,” kata Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo.

Selain meresmikan perbaikan Musala Hidayatul Muttaqin, IZI juga membawa tim sosialisasi terkait penanggulangan penyebaran virus covid-19 bagi warga sekitar Desa Pantai Bakti. Tim sosialisasi membawa instruktur dan media sabun yang dapat digunakan warga untuk mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

MNC Peduli juga membagikan masker dan hand sanitizer untuk warga. Kegiatan pencegahan covid-19 ini merupakan bagian dari kepedulian MNC Peduli dan IZI terhadap kesehatan warga di Desa Pantai Bakti.

Editor : Rizal Bomantama