NF Remaja Pembunuh Anak 5 Tahun Hamil, Kemensos: Dia Ingin Urus Anak di Balai

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 14:55 WIB
NF Remaja Pembunuh Anak 5 Tahun Hamil, Kemensos: Dia Ingin Urus Anak di Balai

Rumah pelaku pembunuhan anak lima tahun di Sawah Besar, Jakarta. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) mengungkapkan NF (15), pembunuh anak berusia 5 tahun di Sawah Besar, Jakarta Pusat ternyata pernah mengalami kekerasan seksual oleh 3 orang terdekatnya. Saat ini, NF disebut dalam kondisi hamil 14 Minggu.

Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat mengatakan, kondisi NF sudah membaik setelah dibawa ke Balai Anak Handayani, Jakarta. Kepada petugas rehabilitasi, NF mengaku akan membesarkan sendiri anaknya setelah lahir.

"NF bahkan meminta untuk tetap berada di Balai Anak Handayani Jakarta dan ingin mengurus sendiri anaknya setelah lahir," katanya dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Harry mengatakan, kasus yang melilit NF harus menjadi pembelajaran bagi masyarakat. Terutama terkait kejahatan seksual kepada anak-anak.

"Kasus ini memunculkan sensitisasi pada kita semua. Namun saat membahasnya, kita juga tetap menjaga kode etik demi kepentingan terbaik anak," ujarnya.

Menurut dia, pengawasan orang tua mutlak dibutuhkan untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual kepada anak. Terlebih pelaku kejahatan ini biasanya orang terdekat.

Dalam lingkup kebijakan, Harry juga menyebut tentang masih terbatasnya sarana prasarana sesuai yang ditetapkan Undang-undang Sistem Peradilan Pidana Anak. Dia mengaku perlu ada kebijakan pencegahan yang dapat diaplikasikan berbagai Lembaga Kesejahteraan Anak dan Balai/Loka Anak Kemensos.

"Kita harus melakukan orientasi ulang terhadap Undang-Undang yang ada, bukan hanya pada penanganan hukum dan perlindungan anak, tetapi juga upaya konkrit agar kejadian ini tidak terulang lagi," kata Harry.

Sebelumnya, pembunuhan sadis dilakukan Anak Baru Gede (ABG) berinisial NF, 15, terhadap bocah 5 tahun berinisial APA. Kejadian ini terjadi di Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada Kamis, 5 Maret 2020 pukul 11.00 WIB.

"Pengakuan dari seorang NF dia melakukan dengan kesadaran dan dia terinspirasi oleh film," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto.

Editor : Djibril Muhammad