Pameran Foto 100 Wajah Pahlawan Masa Kini Hiasi Balai Kota DKI

Wildan Catra Mulia · Sabtu, 07 Desember 2019 - 05:00 WIB
Pameran Foto 100 Wajah Pahlawan Masa Kini Hiasi Balai Kota DKI

Pameran foto bertajuk “100 Faces Of Heroes In 24 Hours By George Timothy” di Balai Kota Jakarta, Jumat (6/12/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id – Pemandangan berbeda tersaji di selasar Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (6/12/2019). Serambi itu dipenuhi foto-foto ekspresi wajah manusia. Senyum, tawa, sedih, hingga serius mewarnai.

Bukan kebetulan foto-foto dalam bingkai yang terpajang itu ditempatkan di bagian tengah kompleks Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta ini. Pemprov DKI sedang menggelar pameran foto bertajuk “100 Faces Of Heroes In 24 Hours By George Timothy”. Pameran dibuka untuk umum mulai 6 hingga 10 Desember 2019.

Foto-foto menampilkan aktivitas 100 wajah warga Jakarta dalam 24 jam dalam berbagai aktivitas. Kompilasi foto ini merupakan cara untuk memperingati dan mengapresiasi para pahlawan masa kini.

Deputi Gubernur Bidang Pariwisata Dadang Solihin mengatakan, pameran ini merupakan gelaran kumpulan foto wajah seseorang yang memaknai sosok pahlawan yang berbeda pada umumnya. Mayoritas orang, kata dia, memandang pahlawan merupakan sosok sejarahwan yang perlu dikenang dari apa yang telah diperjuangkannya pada masa lampau. Namun, sesungguhnya pahlawan tidak hanya dalam batas itu.

"Pahlawan itu banyak warna, banyak ragam dan banyak versi. Pokoknya, seseorang yang memperjuangkan apakah keluarganya, dirinya, bangsanya, apa daerahnya. Itu bisa disebut pahlawan," ucap Dadang di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (6/12/2019).

Dadang menilai ide sang fotografer yang mengombinasikan seluruh wajah seluruh profesi pekerjaan membuktikan betapa banyak pahlawan ditengah kesibukan Ibu Kota. Gagasan-gagasan pokok dalam foto yang disuguhkan merupakan hal unik yang dapat menginspirasi banyak individu melihat karya foto miliknya.

"Sudut-sudut Jakarta dengan detail, Mas George bisa abadikan dalam suatu karya," tuturnya.

Sementara itu fotografer yang juga filmmaker George Timothy melihat sisi lain tentang makna pahlawan. Pandangan ini merupakan inspirasi dari kegiatan seharinya.

Pahlawan, kata dia, bisa dimaknai berbagai sudut pandang. Terpenting sosok tersebut merupakan inpirasi bagi semua orang.

George berharap pameran foto “100 Faces Of Heroes in 24 Hours” ini dapat menyadarkan semua kalangan terutama generasi muda di era milenial yang cenderung individualis.

"Dengan pameran ini semoga orang bisa sadar dan mencintai bangsanya sendiri," kata dia.

Editor : Zen Teguh