Pemkot Bekasi Isolasi 3 Penumpang KRL Bekasi-Jakarta usai Dinyatakan Positif Covid-19

Sindonews ยท Rabu, 06 Mei 2020 - 20:41 WIB
 Pemkot Bekasi Isolasi 3 Penumpang KRL Bekasi-Jakarta usai Dinyatakan Positif Covid-19

Sejumlah penumpang mengikuti tes swab corona di Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). (Foto: SINDOnews/Abdullah M Surjaya)

BEKASI, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengisolasi 3 warganya usai dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Sebanyak 3 warga Bekasi itu merupakan penumpang kereta rel listrik (KRL) rute Bekasi-Jakarta Kota.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, 3 warganya itu positif berdasarkan hasil tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) yang diadakan di Stasiun Bekasi pada Selasa (5/5/2020) secara acak terhadap 300 calon penumpang. Ke-3 warga Bekasi itu berjenis kelamin perempuan.

"Ketiganya sudah dijemput dan diisolasi di rumah sakit rujukan Kota Bekasi untuk menjalani perawatan," ujarnya, Rabu (6/5/2020).

K-3 penumpang KRL itu, yakni LS (53) beralamat di Tytyan Kencana, SAY (39) di Prima Harapan Regency, serta LA (30) tinggal di Perumnas 3. Ketiganya mengikuti tes menggunakan alat swab PCR ini diyakini tingkat akurasinya hampir mencapai 99 persen. Berbeda dengan rapid test yang hanya 60 persen.

Menurut Rahmat, ini bisa diartikan rentannya penularan Corona di KRL Commuter Line. Mengingat, mereka yang positif dalam keadaan sehat tanpa gejala alias Orang Tanpa Gejala (OTG). "Ini berarti kita masih belum selesai, belum bebas dan harus terus kita lakukan lagi tes," ucapnya.

Kemungkinan Kota Bekasi dalam waktu dekat akan kembali melakukan tes swab PCR di stasiun maupun di lokasi perbatasan lain. Saat ini, Kota Bekasi memiliki PCR di RSUD Kota Bekasi sebanyak 5.000, Dinas Kesehatan 10.000.

Editor : Djibril Muhammad