Pemkot Depok Data Faskes Tempat Vaksinasi Covid-19

Antara ยท Jumat, 23 Oktober 2020 - 06:45 WIB
Pemkot Depok Data Faskes Tempat Vaksinasi Covid-19

Ilustrasi vaksin virus corona (Covid-19). (Foto: Antara)

DEPOK, iNews.id - Pemerintah sedang mempersiapkan program vaksinasi virus corona (Covid-19). Sebanyak 30 juta dosis vaksin akan diterima Indonesia pada kuartal IV 2020 yang berasal dari Sinovac, Sinopharm dan Astra Zeneca.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, Novarita mengatakan, Pemkot mulai mendata jumlah fasilitas kesehatan (faskes) dan juga tenaga kesehatan yang ada. Hal itu dilakukan untuk dijadikan tempat vaksinasi Covid-19.

"Saat ini Kota Depok memiliki 38 Puskesmas, 24 Rumah Sakit, 175 klinik, 260 apotek dan satu Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda). Kemudian, terdapat 1.366 nakes (tenaga kesehatan) di puskesmas, 8.066 nakes di rumah sakit dan 1600 nakes di faskes lainnya," katanya di Depok, Jumat.

Pendataan tersebut, menurut Nova penting dilakukan agar nantinya dapat diketahui kemampuan Kota Depok dalam melakukan vaksinasi per harinya. Selain itu, Kota Depok sudah memiliki 40 vaksinator yang sudah dilatih di provinsi.

"40 orang vaksinator akan disebar ke 38 Puskesmas, nantinya vaksinator yang sudah dilatih itu, akan melatih nakes lain yang ada di puskesmas," ujarnya.

Nova mengaku, pola atau alur pelaksanaan vaksin Covid-19 juga sudah dibuat. Tidak hanya, itu untuk mencegah kerumunan akan diatur jadwal pelaksanaan vaksinasi.

Tenaga kesehatan, Nova mengungkapkan, akan menjadi prioritas pertama yang menerima vaksin, kedua TNI-POLRI, ketiga profesi yang rentan dan terakhir masyarakat di wilayah zona merah.

Editor : Djibril Muhammad

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua