Pemprov DKI Batalkan Pemberian Penghargaan Diskotek Colosseum

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 16 Desember 2019 - 17:16 WIB
Pemprov DKI Batalkan Pemberian Penghargaan Diskotek Colosseum

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota, Jakarta, Senin (16/12/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akhirnya membatalkan pemberian penghargaan kepada diskotek Colosseum. Penghargaan Anugerah Adikarya Wisata 2019 itu, sebelumnya diberikan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Pemprov DKI sebagai nominasi Hiburan dan Rekreasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov DKI Jakarta, Saefullah mengatakan, tahapan dalam pemberian penghargaan tersebut ada yang tidak cermat. "Berdasarkan fakta tersebut maka pemberian penghargaan Adikarya Wisata 2019 kepada Colosseum dinyatakan dibatalkan," katanya dalam keterangan persnya di Balai Kota, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Dia mengaku, Pemprov DKI Jakarta mendapat berbagai respons terkait penghargaan tersebut. Termasuk respons dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Sebelumnya, Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mempertanyakan alasan Pemprov DKI memberikan penghargaan kepada Diskotek Colosseum. Menurut dia tempat hiburan tersebut sudah menjadi sarang narkoba dengan dibuktikan dari hasil razia Badan Narkotika Nasional (BNN).

Dia meminta Disparbud DKI Jakarta menjelaskan secara detail alasan dan landasan memberikan penghargaan kepada tempat yang disinyalir penuh dengan maksiat itu.

"Ya tidak setuju. Apalagi BNN pada September 2019 sudah menyatakan dengan tegas ditemukan narkoba. Lalu apa yang menjadi landasan memberikan penghargaan? Disparbud harus memberi penjelasan secara lengkap," katanya saat dihubungi, Senin (16/12/2019).

Anugerah Adikarya Wisata 2019 diberikan Disparbud DKI Jakarta kepada 31 pengusaha bidang jasa pariwisata. Para pemenang dinilai telah berkontribusi dalam mempromosikan pariwisata Jakarta baik kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Malam penghargaan Anugerah Adikarya Wisata 2019 diselenggarakan pada 6 Desember 2019 di JW Marriott Hotel, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Pelaksana Tugas (Plt) Disbudpar Alberto Ali membenarkan penghargaan tersebut.

Dia mengatakan, Diskotek Colloseum, tempat hiburan malam Hotel 1001 itu, merupakan salah satu pemenang dari 31 kategori bidang usaha pariwisata di Jakarta. Penilaian dilakukan Disbudpar.

"Penghargaan Adikarya Wisata itu ada 31 kategori bukan cuma itu, salah satunya diskotik, dari 31 (kategori) diskotik itu yang menang Colosseum," kata Alberto di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019.

Editor : Djibril Muhammad