Pemprov DKI Somasi Ike Muti soal Viral Proyek Bersyarat Hapus Foto Jokowi

Riezky Maulana ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 15:56 WIB
Pemprov DKI Somasi Ike Muti soal Viral Proyek Bersyarat Hapus Foto Jokowi

Artis Ike Muti mengunggah gambar dirinya bersalaman dengan Presiden Jokowi di akun Instagram. (Foto: Istimwa/IG Ike Mukti).

JAKARTA, iNews.idPemprov DKI Jakarta mengirimkan teguran (somasi) kepada artis Ike Muti atas unggahannya di Instagram yang dinilai merugikan Pemprov DKI Jakarta. Pemprov bahkan bakal membawa perkara ini ke jalur hukum jika tidak ada klarifikasi dari Ike Muti.

Teguran keras Pemprov DKI Jakarta tertuang dalam surat yang diterbitkan Biro Hukum bernomor 1795/0-75. Surat yang ditandatangani Biro Hukum Yayan Yuhana itu tertanggal 30 Juli 2020.

Surat ini telah diunggah ke akun resmi Twitter Pemprov DKI Jakarta dan secara khusus me-mention (ditujukan) ke Ike Muti. “Salam, Ibu Ike Muti. Kami telah mengirimkan surat somasi kepada Saudara atas isi posting Saudara di IG yg tidak faktual tsb. Harap diterima dengan baik. Kami tunggu tindak lanjutnya,” cuit Pemprov DKI, dikutip Jumat (31/7/2020).

Dalam surat somasi itu, Pemprov DKI Jakarta mereaksi keras unggahan Ike Muti di Instagram yang viral di media sosial. Unggahan itu dinilai telah merugikan nama baik Pemprov DKI.

Terdapat tiga poin dalam surat peringatan itu. Pertama, meminta Ike Muti menjelaskan apa yang disebut dengan proyek di DKI dan siapa yang bertanggung jawab. Kedua, menyebutkan dengan jelas siapa yang menyuruh Ike Muti untuk menghapus fotonya dengan Presiden Joko Widodo untuk mendapatkan proyek dimaksud dan siapa yang diajak berkomunikasi.

Ketiga, menunjukkan bukti yang diminta Pemprov DKI yang memintanya untuk menghapus foto dengan Presiden Jokowi.

“Kami tunggu dalam 2x24 jam terhitung sejak Jumat 31 Juli 2020. Apabila tidak ada penjelasan dan klarifikasi secara tertulis dan ditandatangani di atas materai dari Saudara, maka kami akan langsung menempuh setiap dan semua upaya hukum sesuai dengan kaidah hukum pidana,” kata Yayan dalam salinan surat tersebut.

Kasus ini berawal dari unggahan Ike di Instagram. Dia mengunggah gambar foto dengan Presiden Jokowi di Istana. Dalam keterangannya dia menyebut tidak rela menghapus foto ini. Penghapusan foto itu diklaim sebagai syarat yang diminta Pemprov DKI Jakarta untuk mendapatkan proyek di lingkungan DKI.

Editor : Zen Teguh