Pendaftaran PPDB Banten 2022 Segera Dibuka, Ini Mekanismenya

Nandha Aprilianti ยท Senin, 23 Mei 2022 - 12:41:00 WIB
Pendaftaran PPDB Banten 2022 Segera Dibuka, Ini Mekanismenya
ilustrasi ppdb banten (Ramli Nurawang)

BANTEN, iNews.id - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Banten 2022 untuk tingkat SMA, SMK, dan SKh tahun ajaran 2022-2023 akan segera dibuka. Ini mekanismenya.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten Tabrani pihaknya telah mensosialisasikan terkait mekanisme pelaksanaan tahapan PPDB kepala sekolah SMA-SKH.

"Saya bersama dengan kepala sekolah akan sampaikan tahapan PPDB baik SMA, SMK dan SKh. Seperti apa tahapanya (ini prosesnya) panjang," ucap Tabrani dalam keterangannya, Senin (23/5/2022).

Ia memaparkan, tahun ini akan digelar 4 jalur dalam penerimaan yakni zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan jalur prestasi. Semua informasinya bisa dicek dalam laman resmi Dindikbud Banten.

"Kapan mulainya? Senin atau Selasa bisa dilihat website Dindikbud Banten," katanya.

Adapun, presentase murid yang akan diterima melalui jalur zonasi sebanyak 50 persen, jalur afirmasi 15 persen. Sedangkan jalur perpindahan orang tua yakni sebanyak lima persen, jalur afirmasi lima persen, dan jalur prestasi 30 persen.

Sedangkan untuk jalur prestasi terbagi menjadi dua yakni akdemik dan non-akademik. Tabrani menuturkan PPDB nantinya akan memakai server sekolah masing-masing sehingga bisa mempermudah dan menghindari kendala nantinya.

“Mempersiapkan hardware dan software-nya. Itu sangat penting sekali. Jangan sampai apa yang sudah kita evaluasi dari PPDB tahun lalu kembali terjadi," tutup dia.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel: