Penumpang Nekat Merokok di KRL Akhirnya Bikin Surat Bermaterai Janji Tak Ulangi Perbuatan

Irfan Ma'ruf ยท Sabtu, 07 Desember 2019 - 19:42 WIB
Penumpang Nekat Merokok di KRL Akhirnya Bikin Surat Bermaterai Janji Tak Ulangi Perbuatan

ambar potongan video yang menunjukkan petugas KRL Commuter Line menurunkan paksa penumpang yang nekat merokok dalam gerbong, Jumat (6/12/2019). (Foto: istimewa).

JAKARTA, iNews.id –Video menunjukkan seorang penumpang nekat merokok di dalam rangkaian KRL Commuter Line viral di media sosial. Penumpang tersebut akhirnya diturunkan paksa setelah tak mengindahkan peringatan persuasif dari petugas keamanan dalam (PKD).

VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (6/12/2019) kemarin. Penindakan itu dilakukan terhadap penumpang KRL rute Tanah Abang-Rangkasbitung.

Anne menuturkan, sebelum menurunkan paksa, PKD telah memperingatkan pengguna KRL tersebut dengan menegur secara persuasif untuk mematikan rokok yang diisap. Namun, peringatan itu diabaikan. Petugas pun menurunkan paksa saat KRL berhenti di Stasiun Cilejit.

"Setelah diturunkan, pengguna kemudian didata dan dimintai keterangan. Setelah menerima edukasi dari petugas, penumpang tersebut membuat surat pernyataan di atas materai bahwa tidak akan mengulangi perbuatannya," kata Anne saat dihubungi, Sabtu (7/12/2019).

Anne menuturkan, pria tersebut dalam kondisi sehat. Petugas tidak menemukan ada indikasi dia mengalami gangguan kejiwaan. Terbukti, pria tersebut dapat menulis dan berkomunikasi dengan petugas.

BACA JUGA: Petugas Turunkan Paksa Penumpang KRL karena Nekat Merokok dalam Gerbong

Terhadap peristiwa ini, Anne mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan serta kelancaran layanan KRL, baik di stasiun maupun di dalam kereta. Salah satunya dengan menaati peraturan tidak erokok.

"Larangan lainnya seperti dilarang makan atau minum, dilarang membawa binatang diberlakukan demi menciptakan transportasi yang nyaman," tutur Anne.

Sebelumnya rekaman video petugas menurunkan paksa penumpang KRL yang nekat merokok viral di media sosial. Dalam video tersebut tampak pria itu mengindahkan peringatan petugas agar mematikan rokoknya.

Video ini pun menuai reaksi keras dari warganet. Mereka ramai-ramai mengecam perbuatan pria perokok tersebut.

"Seorang penumpang KRL terpaksa dikeluarkan karena merokok di dalam gerbong. Saat diminta untuk mematikan rokok, pemuda ini terus menghisap rokoknya dengan shantuy. Santuy sih boleh, tapi gak gini juga," tulis salah satu netizen mengomentari video di medsos tersebut.


Editor : Zen Teguh