PKB Sebut Wagub DKI Butuh Sosok Pendobrak Seperti Riza Patria

Antara · Kamis, 12 Maret 2020 - 04:30 WIB
PKB Sebut Wagub DKI Butuh Sosok Pendobrak Seperti Riza Patria

Cawagub DKI Jakarta dari Partai Gerindra Ahmad Riza Patria. (Foto; iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebutkan kriteria yang harus dimiliki seorang wakil gubernur (Wagub) DKI Jakarta yang akan mendampingi Gubernur Anies Rasyid Baswedan. Kriteria itu adalah seorang yang bermental pendobrak.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas mengatakan, sosok cawagub DKI Jakarta yang bermental pendobrak ada dalam diri Riza Patria. "Kita perlu orang pendobrak, Riza Patria seorang aktivis yang berpengalaman," katanya di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Hasbiallah menilai sosok Riza Patria dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mengatasi persoalan seperti kemacetan, sampah, banjir serta angka kemiskinan. Selama ini, dia mengungkapkan, PAD DKI Jakarta tidak memenuhi target padahal membutuhkan anggaran besar untuk berbagai persoalan.

Saat ini, menurut Hasbiallah sektor perdagangan di Indonesia mengalami keterlambatan pertumbuhan. Padahal PAD Provinsi DKI Jakarta sangat bergantung pada sektor perdagangan.

"APBD Jakarta sampai sekarang itu pendapatannya masih defisit," ujarnya.

Apabila PAD Provinsi DKI Jakarta sudah bisa melampaui target, maka DKI Jakarta tidak begitu berharap dengan alokasi dana dari pusat. Namun, Hasbiallah mengatakan, PKB DKI Jakarta masih menunggu keputusan dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) karena masih ada waktu tiga hari.

Selain Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra, cawagub DKI Jakarta lainnya adalah politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansjah Lubis. DPRD DKI Jakarta telah merampungkan nama-nama dari struktur panitia pemilihan (panlih) wagub DKI Jakarta. Anggota panlih berasal dari sembilan fraksi di Parlemen Kebon Sirih.

"Ya sembilan orang dari masing-masing Fraksi. Struktur di panlih ditambahkan dengan keberadaan Sekretaris DPRD DKI Jakarta," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di DPRD Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Berikut anggota tim panlih wagub DKI:

1. Farazandi Fidinansyah dari Fraksi PAN menjabat ketua

2. Basri Baco dari Fraksi Golkar menjabat wakil ketua

3. Desie Christhyana Sari dari Fraksi Demokrat sebagai anggota

4. Dwi Rio Sambodo dari Fraksi PDI-Perjuangan sebagai anggota

5. S Andyka dari Fraksi Gerindra sebagai anggota

6. Achmad Yani dari Fraksi PKS sebagai anggota

7. Eneng Malianasari dari Fraksi PSI sebagai anggota

8. Muhammad Idris dari Fraksi Nasdem sebagai anggota

9. Yusuf dari Fraksi PKB-PPP sebagai anggota

Editor : Djibril Muhammad