PNS Besok Mulai Masuk, Pemkot Bekasi Jatuhi Sanksi Bagi yang Bolos

Antara ยท Rabu, 20 Juni 2018 - 17:48:00 WIB
PNS Besok Mulai Masuk, Pemkot Bekasi Jatuhi Sanksi Bagi yang Bolos
Ilustrasi PNS. (DOK/iNews.id).

BEKASI, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan memberi sanksi tegas kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bolos pada hari pertama kerja usai libur panjang Idul Fitri dan cuti bersama, Kamis (21/6/2018).

“Jika ada ASN (Aparatur Sipil Negara) yang memang sengaja tidak masuk atau bolos tanpa alasan yang jelas, akan ditindak sesuai aturan yang berlaku. Minimal berupa sanksi administratif,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah, Rabu (20/6/2018).

Dia mengimbau agar seluruh ASN di lingkungan Pemkot Bekasi menuruti aturan tersebut, sehingga tidak mengganggu pelayanan terhadap masyarakat. Menurutnya, libur yang diberikan pemerintah sudah lebih dari cukup. Jadi, tidak ada alasan bagi ASN tidak masuk atau bolos pada hari pertama kerja.

“Sebagai Pj Wali Kota, saya ingin pelayanan umum terhadap publik kembali berjalan normal pada hari pertama masuk kerja,” ujar dia.

Bahkan, untuk memastikan tidak ada pegawai yang bolos, Ruddy meminta Inspektorat Daerah dan Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKKPD) mengawasi langsung dan mendata ASN di setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Menurut dia, jika ada ASN yang masih bolos kerja secara otomatis akan ada pengurangan tambahan penghasilan PNS (TPP) yang berbasis daftar hadir.

“Saya meminta kepala BKPPD bersikap tegas atas manajemen kepegawaian serta semua aturan yang melekat kepada ASN,” ucapnya.

Pemkot Bekasi akan melaksanakan rangkai apel pagi bagi sekaligus kegiatan saling memaafkan dalam momentum Idul Fitri. Usai bersilaturahmi di lapangan upacara Pemkot Bekasi, seluruh aparatur diminta langsung mengisi seluruh layanan di unit kerja masing-masing.

“Saya juga akan melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah ruang kerja untuk memastikan aktivitas layanan publik berjalan normal,” kata Ruddy.

Editor : Khoiril Tri Hatnanto