Polda Metro Jaya Klaim Tak Ada Pungli di Samsat: Kita Kedepankan Pelayanan Prima

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 29 September 2022 - 15:10:00 WIB
Polda Metro Jaya Klaim Tak Ada Pungli di Samsat: Kita Kedepankan Pelayanan Prima
Layanan Samsat Polda Metro Jaya (foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kasus pungutan liar (pungli) yang menimpa komika Soleh Solihun saat mengurus perpanjangan STNK di Samsat Jakarta Selatan menyita perhatian. Terkait hal itu, Polda Metro Jaya mengklaim tidak ada pungli yang terjadi dalam pelayanan di Samsat. 

"Jadi tidak benar ada pungutan liar yang dilakukan anggota Samsat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi, Kamis (29/9/2022). 

Zulpan mengatakan pihaknya telah berupaya menghadirkan sistem pelayanan yang transparan dan bebas dari pungli di Samsat. Sejumlah informasi untuk mencegah tindakan pungli pun telah dilakukan. 

"Aturan yang dilakukan kita melakukan penerapan pelayanan sesuai mekanisme dengan percepatan kepada wajib pajak. Kemudian di situ di tiap loket sudah tertera jumlah angka dan biaya pembayaran yang harus dibayarkan oleh pemohon," ucap Zulpan. 

Informasi yang tertera itu diharapkan menjadi acuan warga dalam mengurus pelayanan di Samsat. Masyarakat diminta tidak membayar di luar ketentuan yang termuat dari informasi tersebut. 

Masyarakat juga diminta mempercayai petugas yang ada di loket-loket Samsat. Masyarakat juga harus tahu dengan benar berapa harga yang harus dibayar dan apakah dia mendaftar kendaraan baru atau balik nama ataupun mutasi. 

"Yang kita kedepankan pelayanan prima baik itu ketepatan waktu dan kecepatan, sehingga masyarakat tidak terlalu lama menunggu di Samsat," katanya. 

Zulpan juga menegaskan pimpinan Ditlantas Polda Metro Jaya akan menindak tegas anggota yang terbukti melakukan pungli. 

"Kalaupun ada yang terjadi itu adalah oknum dan akan ditindak secara tegas," kata Zulpan.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda