Polisi Tangkap Pemalsu Kartu Vaksin dan Surat Antigen, Ternyata Pelaku Karyawan Fotokopi

Abdullah M Surjaya ยท Selasa, 03 Agustus 2021 - 22:24:00 WIB
Polisi Tangkap Pemalsu Kartu Vaksin dan Surat Antigen, Ternyata Pelaku Karyawan Fotokopi
Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan menjelaskan kasus pemalsuan surat vaksin. (Foto MNC Portal).

BEKASI, iNews.id - Kepolisian Resor Metro Bekasi menangkap dua pelaku pemalsu kartu vaksinasi dan surat hasil pemeriksaan rapid antigen di Jalan Raya Industri Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Kedua pelaku yakni AI dan HH merupakan karyawan di tempat fotokopi.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Hendra Gunawan mengatakan, penangkapan kedua pelaku ini berawal dari laporan masyarakat yang mana adanya tempat fotokopi yang diduga menyediakan jasa pembuatan kartu vaksin dan surat hasil antigen palsu.

”Saat ditelusuri, laporan tersebut rupanya terbukti,” katanya kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).
 
Kemudian petugas mendatangi tempat tersebut guna melakukan dan klarifikasi informasi tersebut. Dari hasil pemeriksaan, pemalsuan kartu vaksin dan surat antigen palsu itu dilakukan pelaku dengan mengandalkan mesin scan. Kartu vaksin dan surat hasil antigen mereka pindai hingga menjadi soft file.

”Didapati bahwa AI dan HH (karyawan) memiliki file scan dan softcopy dari kartu vaksin, hasil pemeriksaan rapid antigen dan antibodi di dalam komputer. Mereka kami amankan dengan barang buktinya,” ungkapnya. 

Awal mula ide pemalsuan ini muncul tatkala kedua pelaku menerima jasa memindai dokumen asli kartu vaksin dan hasil tes antigen. 

Hasil pemindaian itu kemudian mereka simpan. Ketika ada masyarakat yang membutuhkan, mereka kemudian mengubahnya menggunakan aplikasi photoshop.

”Pelaku membuat dokumen tersebut dengan cara, men-scan dokumen asli dari pelanggan lalu disimpan untuk kemudian diedit keterangan yang ada di dalamnya menggunakan photoshop,” jelasnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: