Pompa Dukuh Atas Sempat Rusak, Wagub DKI Jakarta Singgung Sabotase Tahun Lalu

Fakhrizal Fahri ยท Jumat, 22 Januari 2021 - 17:59:00 WIB
Pompa Dukuh Atas Sempat Rusak, Wagub DKI Jakarta Singgung Sabotase Tahun Lalu
Pompa Dukuh Atas (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Rumah pompa Dukuh Atas sempat terganggu operasionalnya setelah diputusnya kabel meteran PLN. Gangguan operasi rumah pompa Dukuh Atas di tengah curah hujan tinggi bisa berdampak banjir.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengungkapkan, jajarannya pernah menangkap orang tak dikenal (OTK) yang diduga ingin melakukan sabotase kabel rumah pompa Dukuh Atas pada 2020.

Saat itu, para pelaku langsung ditangkap oleh para petugas yang berjaga di rumah pompa tersebut.

"Terkait pompa, itu dulu memang pernah ada ya kejadiannya dulu 24 Juli 2020 ada orang tak dikenal masuk ke rumah pompa dini hari tapi keburu ketangkap," kata Ariza di Balai Kota, Jakarta, Jumat (21/1/2021).

Ariza memastikan, polisi tengah memburu pelaku yang telah memotong kabel meteran listrik rumah pompa yang berlangsung pada 14 Januari 2021 lalu.

Dia menambahkan saat ini rumah pompa Dukuh Atas tetap bisa beroperasi lantaran pelaku hanya memutus kabel meteran rumah pompa ke PLN dan tidak  sampai memutus aliran listriknya.

"Kejadian yang beberapa hari kemarin ini, sedang diproses, kita akan lihat, apa motifnya, apa masalahnya, apa yang dilakukan. Tapi alhamdulillah sekalipun ada kabel yang dipotong, tidak menghentikan, pompa yang ada tetap berfungsi," katanya.

Sebelumnya, Sudin Bina Marga Jakarta Pusat tak mau berspekulasi adanya dugaan sabotase dalam peristiwa diputusnya kabel rumah pompa Dukuh Atas, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Kalau sampai ke sabotase saya pribadi nggak mau berpikiran terlalu jauh karena di lingkungan situ kan banyak pemulung di daerah sana memang untuk tingkat kriminalnya memang agak tinggi juga," kata Kasi Jalan Jembatan dan Kelengkapan Jalan Sudin Bina Marga Jakpus, Yudha Catur Suharnanto saat dihubungi, Kamis 21 Januari 2021.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2