PPDB SDN di Kota Bogor Dibuka Serentak, Ini Persyaratannya

Antara ยท Senin, 08 Juni 2020 - 18:20:00 WIB
PPDB SDN di Kota Bogor Dibuka Serentak, Ini Persyaratannya
Ilustrasi, pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Dinas Pendidikan Kota Bogor membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 tingkat sekolah secara serentak mulai Senin (8/6/2020). Pendaftaran dilakukan dasar secara daring (online) melalui alamat website: www.kotabogor.siap-ppdb.com atau secara langsung.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fahrudin mengatakan ada 211 Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang membuka PPDB. Sekolah tersebut tersebar di 6 kecamatan di wilayah Kota Bogor.

Dia menuturkan, persyaratan pendaftaran di antaranya, yaitu calon murid SDN yang diterima berusia 7 tahun atau minimal 6 tahun dan dibuktikan dengan akte kelahiran,surat kenal lahir atau surat keterangan lahir serta kartu keluarga (KK).

"Syarat lainnya adalah, surat tanggung jawab mutlak (STJM) dari orang tua," ujar Fahrudin di Bogor, Senin (8/6/2020).

Menurutnya, faktor lain yang menentukan prioritas di terima, yaitu jarak terdekat dari tempat tinggal ke sekolah. Dinas Pendidikan Kota Bogor, kata dia membuat tabel skor usia dan tabel skor domisili yang menjadi angka tertinggi.

"Calon murid yang memiliki angka lebih tinggi yang akan diterima," ucapnya.

Dia menyampaikan, Dinas Pendidikan menetapkan jadwal PPDD SDN selama tiga hari, pada 8-11 Juni 2020. Jika pada hari pertama, pendaftar di suatu sekolah yang memenuhi syarat sudah memenuhi kapasitas rombongan belajar, maka sekolah tersebut menyatakan sudah tutup dan mengumumkan murid yang diterima.

"Kami mengarahkan sekolah untuk menyediakan ruangan yang layak bagi orang tua dan calon murid yang datang ke sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, serta menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun dan mengukur temperatur tubuh," katanya.

Editor : Kurnia Illahi