PT LRT Jakarta Berencana Gratiskan Tiket untuk Pelajar dan Lansia

Antara ยท Minggu, 01 Desember 2019 - 11:46 WIB
PT LRT Jakarta Berencana Gratiskan Tiket untuk Pelajar dan Lansia

Ilustrasi, kereta Light Rail Transit (LRT) Jakarta. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - General Manager Operasi dan Pelayanan PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Aditya Kesuma melepas kereta pertama pemberlakuan tarif perjalanan seharga Rp5.000 per penumpang di Stasiun Velodrome, Jakarta Timur, Minggu (1/12/2019). Penerapan tarif komersial tersebut setelah dilakukan uji coba beberapa bulan.

Aditya mengatakan, rencananya pelajar dan lanjut usia (lansia) akan digratiskan. Saat ini, rencana tersebut masih dalam tahap pematangan direksi berdasarkan hasil evaluasi uji publik sepanjang Juni hingga November 2019.

"Mirip seperti moda TransJakarta yang sama memberlakukan tarif gratis bagi lansia maupun pelajar yang disubsidi penuh pemerintah," ujar Aditya Kesuma di di Stasiun Velodrome, Jakarta Timur, Minggu (1/12/2019).

Dia tidak mengungkapkan kapan tahap pematangan itu selesai. Menurutnya, perlu berkoordinasi lebih lanjut dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengenai kebijakan tersebut.

"Kami melakukan permintaan kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta agar penumpang khusus bisa digratiskan dengan subsidi penuh dari pemerintah," katanya.

Penerapan tarif seharga Rp5.000 per penumpang resmi berlaku hari ini sejak pukul 05.30 WIB. Tarif Rp5.000 per penumpang untuk tiket perjalanan berlaku flat di seluruh stasiun LRT yang dapat diperoleh melalui transaksi tunai ataupun nontunai.

Editor : Kurnia Illahi