Ramai Pengunjung saat Lebaran, Kebun Raya Bogor Perketat Protokol Kesehatan

Putra Ramadhani Astyawan ยท Jumat, 14 Mei 2021 - 20:25:00 WIB
Ramai Pengunjung saat Lebaran, Kebun Raya Bogor Perketat Protokol Kesehatan
Kebun Raya Bogor (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Wisata Kebun Raya Bogor memperketat protokol kesehatan bagi pengunjung selama masa libur Idul Fitri 1442 H. Mulai dari membuat Satgas Covid-19 hingga membuka layanan tes GeNose.

General Manager Kebun Raya Bogor Marga Anggrianto mengatakan pengetatan protokol kesehatan tersebut dalam rangka mengantisipasi ramainya pengunjung di libur Hari Raya Idul Fitri ini. 

"Kami sangat menghimbau pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, termasuk tertib dalam menggunakan masker, menjaga jarak," kata Marga, dalam keterangannya, Jumat (14/5/2021).

Untuk Satgas Covid-19, dibentuk dari peningkatan jumlah karyawan atau anggota baru. Mereka akan berkeliling untuk memantau kedisiplinan dari pengunjung terkait penerapan protokol kesehatan. 

"Ada man power yang berfungsi sebagai satgas Covid-19 di internal kita. Itu sebagai tim khusus untuk memecah kerumunan atau biasa kita istilahnya dengan Crowd Control. Harapannya agar pengunjung tetap disiplin prokes, termasuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker," kata Marga.

Kemudian, Kebun Raya Bogor juga memberlakukan peraturan lainnya bagi masyarakat yang hendak berkunjung, yakni wajib memperlihatkan hasil tes antigen. Namun, jika belum membawanya maka pengelola memberikan fasilitas tes genose dengan harga yang terjangkau yakni Rp30.000 per orang. 

"Genose diperuntukan bagi pengunjung yang tidak membawa hasil antigen. Mereka bisa menggunakan Genose yang disediakan Kebun Raya Bogor untuk tetap ingin masuk. Tentunya dibuktikan dengan hasil tes Genose yang negatif," tuturnya.

Di sisi lain, para petugas di Kebun Raya Bogor termasuk yang secara langsung melayani pengunjung pun sudah menjalani vaksinasi covid-19 pada Maret 2021. Hal itu untuk meminimalisir penularan covid-19 serta memberikan kenyamanan bagi pengunjung. 

General Manager Corporate Communication PT. Mitra Natura Raya Zaenal Arifin mengatakan bahwa berbagai upaya itu semata untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami sepenuhnya mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran covid-19. Protokol kesehatan kami terapkan secara ketat, sehingga pengunjung merasa aman berwisata sehat hijau di Kebun Raya. Termasuk kapasitas 50 persen," ucap Zaenal.
 
Untuk informasi, hari kedua Idul Fitri 1442 H ini jumlah pengunjung mencapai angka 4.588 orang. Adapun jam operasional Kebun Raya Bogor mulai pukul 07.00 WIB-16.00 WIB sampai dengan tanggal 16 Mei 2021.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq