Remaja Pembunuh Anak 5 Tahun Ingin Lanjutkan Sekolah, Kak Seto: Cita-citanya Jadi Komikus

Sindonews, Okto Rizki Alpino ยท Senin, 18 Mei 2020 - 19:58 WIB
Remaja Pembunuh Anak 5 Tahun Ingin Lanjutkan Sekolah, Kak Seto: Cita-citanya Jadi Komikus

Ketua Umum LPAI Seto Mulyadi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah lembaga perlindungan anak dan Kementerian Sosial (Kemensos) terus memberi perhatian kepada NF (15), remaja pembunuh anak lima tahun di Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Maret 2020 lalu. Seperti diketahui, NF juga menjadi korban pemerkosaan oleh kerabat dekatnya hingga kini hamil 14 minggu.

Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto mengatakan kondisi kejiwaan NF yang dirawat di Balai Anak Handayani, Jakarta kini membaik. Bahkan NF banyak bercerita tentang dirinya, termasuk melanjutkan pendidikannya.

"Dia memang sangat berminat untuk sekolah lagi," kata Seto di Jakarta, Senin (18/5/2020).

Kak Seto mengatakan NF memiliki keterampilan dan minat di bidang seni lukis serta menggambar. Menurutnya NF bercerita memiliki cita-cita sebagai komikus.

Bahkan NF memiliki keinginan melanjutkan pendidikan hingga ke Institus Kesenian Jakarta (IKJ) untuk mewujudkan cita-citanya itu. Seto menegaskan keinginan NF itu harus didukung semua pihak dan sampai ada pengucilan oleh masyarakat.

"Dia seorang anak yang memiliki hak untuk mengenyam pendidikan dan mewujudkan cita-citanya," ucap Kak Seto.

Sebelumnya Kak Seto juga menyebut kekerasan seksual yang dialami NF menimbulkan kekacauan psikologis. Kekacauan itu bisa berujung pada penyimpangan perilaku NF.

Dari hasil pemeriksaan polisi, NF mengalami kekerasan seksual sebelum dia melakukan pembunuhan. Kini dua paman dan kekasih NF sudah ditangkap oleh polisi.

Editor : Rizal Bomantama