Satu RW di Tangerang Lockdown, Diduga Akibat Warga Reaktif Covid Tak Lapor

Isty Maulidya · Selasa, 08 Juni 2021 - 17:51:00 WIB
Satu RW di Tangerang Lockdown, Diduga Akibat Warga Reaktif Covid Tak Lapor
Satu RW di Tangerang dijaga ketat petugas karena puluhan warga reaktif Covid-19. (Foto MNC Portal).

TANGERANG, iNews.id - Satu lingkungan RW di  Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang harus diberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat karena puluhan warganya terinfeksi virus Covid-19. Diketahui ada 47 warga dinyatakan reaktif Covid-19 dari hasil test swab antigen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi menjelaskan, bahwa awalnya satu orang di RW 03 mengalami sakit dengan gejala flu. Kemudian dia berobat ke rumah sakit terdekat dan hasil test swab antigen ternyata reaktif. Namun hal tersebut tidak dilaporkan dan warga tersebut pulang ke rumah.

"Setelah dirapid ternyata dia reaktif Covid-19, tapi dia tidak melaporkan dan rumah sakit tidak melaporkan. Akhirnya dia pulang," jelas Liza saat ditemui di kantornya, Selasa (8/6/2021).

Beberapa hari selanjutnya warga lain mengalami sakit dengan gejala seperti Covid-19, warga kemudian melakukan swab antigen di Puskesmas dan hasilnya menunjukkan salah satu keluarganya juga reaktif Covid-19. 

Kemudian kader puskesmas juga melaporkan bahwa di lingkungan tersebut banyak warga yang mengalami gejala mirip Covid-19 seperti demam dan batuk.

"Nah dari situ kami mengerahkan 5 puskesmas untuk melakukan swab massal di RT 01, dan dari 48 orang didapati ada 23 yang positif Covid-19," katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2