Sosok Tubagus Ade Hidayat, Direskrimum Polda Metro Penangkap John Kei

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 22 Juni 2020 - 05:05 WIB
Sosok Tubagus Ade Hidayat, Direskrimum Polda Metro Penangkap John Kei

Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat saat menjabat Kapolres Jaksel pada 2016 lalu. (Foto: Polres Jaksel).

JAKARTA, iNews.id - Polisi menangkap John Kei, sosok yang diduga sebagai dalang pembacokan sadis pria di Duri Kosambi dan penembakan di Green Lake City, Tangerang, Banten, Minggu (21/6/2020). John Kei diringkus dalam penggerebekan di rumahnya, Perumahan Tytyan Indah, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu malam.

Penggerebekan dilakukan aparat gabungan dari Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, Polres Tangerang dan Bekasi Kota. Penyerbuan dipimpin Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat.

Pantauan iNews di lokasi, penggerebekan berlangsung pukul 20.15 WIB. Puluhan polisi berpakaian sipil dengan bersenjata lengkap mendatangi markas kelompok John Kei.
Terdengar beberapa kali suara tembakan dalam penggerebekan tersebut. Teriakan dan bentakan juga mewarnai penyerbuan tersebut.

“Dua pelaku atas nama C dan JK (John Kei) ditangkap. Selain itu 20 orang yang juga anggota kelompoknya ditangkap karena berupaya menghalangi tindakan polisi,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.

Sementara itu Tubagus Ade Hidayat mengatakan, Joh Kei ditangkap karena berada di lokasi kejadian. Dia diduga kuat dalang aksi pembacokan sadis dan penembakan di Tangerang, Minggu siang.

Penangkapan John Kei menjadi gebrakan besar pertama Tubagus Ade Hidayat. Perwira menengah ini baru saja menjabat direskrimum PMJ, tepatnya pada Mei 2020.

Ade sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit III Dittipidsiber Bareskrim Polri. Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Idham Azis Nomor: ST/1378/V/KEP./2020, dia dimutasi sebagai direskrimum PMJ menggantikan Kombes Pol Suyudi Ari Seto.

Reserse memang menjadi keahlian alumnus Akademi Kepolisian 1993 ini. Sederet jabatan yang pernah dipegangnya juga tak jauh-jauh dari reserse.

Ade antara lain pernah menjabat kasatreskrim Polrestabes Bandung dan kasubdit II Ditreskrimsus Polda Jabar. Kariernya makin moncer. Dia dengan cepat dipromosikan sebagai kapolres Pandeglang (2012) dan kapolres Karawang (2013).

Polisi kelahiran 24 Juni 1970 ini lantas dipromosikan sebagai wadirreskrimsus Polda Kaltim (2014) dan kapolresta Pontianak (2015). Tak butuh lama, kariernya terus mencorong dengan dipromosikan sebagai kapolres Metro Jakarta Selatan pada 2016.

Ketika terjadi aksi demonstrasi besar-besaran beberapa hari di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ade turun langsung ke lapangan. Dia turut menengahi dan mencegah terjadi bentrokan antara pendukung dan massa penentang RUU KPK.

Ade selanjutnya dimutasi sebagai analis kebijakan madya bidang Operasi Sops Polri dan berlanjut ke analis kebijakan madya bidang pidnarkoba Bareskrim Polri dan kasubdit III Dittipidsiber Bareskrim Polri pada 2019.

Ade mengaku sedang mendalami motif pelaku penyerangan di Klaster Australia Green Lake City dan penembakan di pertigaan ABC Duri Kosambi, Cengkareng Banten. Kendati demikian, dia memastikan antara John Kei dan korban saling kenal.

“Jadi identifikasi tidak terlalu sulit sehingga langsung dilakukan penindakan,” ucapnya.

Editor : Zen Teguh