Taman Ismail Marzuki: Sejarah, Fasilitas, Revitalisasi, Cara Berkunjung

Ami Heppy S ยท Jumat, 15 Juli 2022 - 18:37:00 WIB
Taman Ismail Marzuki: Sejarah, Fasilitas, Revitalisasi, Cara Berkunjung
Taman Ismail Marzuki: Sejarah, Fasilitas, Revitalisasi, Cara Berkunjung (Foto: Instagram @wajahbaru_tim)

JAKARTA, iNews.id - Inilah yang perlu kamu tahu ketahui tentang Taman Ismail Marzuki, mulai dari sejarah, fasilitas, revitalisasi, dan cara berkunjung ke sini.

Taman Ismail Marzuki atau TIM merupakan salah satu pusat kesenian dan kebudayaan yang ada di Jakarta. 
Berlokasi di Jalan Cikini Raya Nomor 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, TIM ini menjadi salah satu destinasi wisata edukasi dan kebudayaan yang wajib dikunjungi. 

Diresmikan pada 10 November 1968, secara rutin TIM menjadi tempat penyelenggaraan berbagai event kesenian di Jakarta. Untuk lebih jelasnya, berikut ini iNews.id telah merangkum apa saja hal yang perlu kamu ketahui tentang Taman Ismail Marzuki ini.

Taman Ismail Marzuki: Sejarah, Fasilitas, Revitalisasi, Cara Berkunjung

1. Sejarah

Mengutip laman Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM) dibangun di area seluas kurang lebih 8 hektar. Pada awalnya, lahan tersebut merupakan sebuah ruang rekreasi umum Taman Raden Saleh, serta kebun binatang Jakarta yang saat ini pindah ke Ragunan.

Kemudian, Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin mengubah area tersebut menjadi pusat kesenian para seniman Jakarta dapat berkarya.  Sedangkan nama Ismail Marzuki dipilih atas penghargaan sebagai seniman asal Betawi (Jakarta) yang telah berjasa menciptakan lebih dari 200 lagu. 

Diantaranya adalah lagu-lagu perjuangan bangsa, seperti Halo-Halo Bandung, Berkibarlah Benderaku, Nyiur Melambai, dan Sepasang Bola Mata. Pembukaan Taman Ismail Marzuki diresmikan langsung oleh Gubernur Ali Sadikin pada 10 November 1968.

2. Fasilitas 

Taman Ismail Marzuki ini memiliki beragam fasilitas menarik. Rata-rata, tempat yang tersedia pun tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis untuk pengunjung, kecuali untuk pertunjukan yang mungkin diselenggarakan di sana.

Inilah daftar fasilitas yang dimiliki Taman Ismail Marzuki:

-Teater Besar
-Graha Bhakti Budaya
-Planetarium
-Galeri CIpta II & III
-Gedung Wayang Orang Bharata dan Geung Miss Tjitjih
-Perpustakaan HB Jassin

3. Revitalisasi

Revitalisasi dilakukan untuk menjadikan Taman Ismail Marzuki sebagai pusat seni, budaya, serta edukasi terbaik. Mengusung konsep mixed-use building, Taman Ismail Marzuki diharapkan bisa menjadi Urban Art Center serta Creative Hub.

Revitalisasi Taman Ismail Marzuki yang telah dilakukan sejak 2019 lalu kini sudah hampir selesai. Bahkan, beberapa fasilitas gedung ada yang sudah selesai dikerjakan. 

Terbaru, gedung Perpustakaan Jakarta yang ada di Taman Ismail Marzuki baru saja diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta pada Kamis (7/7/2022).

Mengutip laman Instagram @wajahbaru_tim, gedung perpustakaan yang terdiri atas tiga lantai tersebut dilengkapi sejumlah ruang baru. Diantaranya adalah ruang multifungsi, ruang permainan anak, bilik cerita, ruang baca privat, ruang podcast, ruang komputer, dan ruang koleksi kejakartaan.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda