Tes Urine Positif Narkoba, Oknum Pegawai Bea Cukai Akan Direhabilitasi

Antara ยท Sabtu, 04 Juli 2020 - 00:32 WIB
Tes Urine Positif Narkoba, Oknum Pegawai Bea Cukai Akan Direhabilitasi

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto. (Foto: Antara/ Dok. Polres Jakarta Pusat).

JAKARTA, iNews.id - Oknum pegawai Bea Cukai berinisiap AP yang diduga terlibat pesta narkoba di salah satu hotel kawasan Kepulauan Seribu akan direhabilitasi. Hasil tes urine terhadap AP menunjukkan positif narkoba, namun tidak ditemukan barang bukti saat ditangkap.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto memastikan, proses hukum terhadap AP tetap berjalan dan dilakukan secara transparan dan adil.

"Kami geledah tak ditemukan narkoba. Lalu dia juga mengaku tak tahu ada pesta narkoba di sana karena hanya diajak saja," ujar Heru dalam konferensi pers di Polres Jakarta Pusat, Jumat (4/7/2020).

Dia menuturkan, ada beberapa regulasi yang menjadi dasar untuk merehabilitasi AP. Regulasi yang dimaksud, yaitu Peraturan Bersama Ketua Mahkamag Agung RI Nomor : 01/PB/MA/II/2014, Peraturan Bersama Menteri Hukum dan HAM No 3 tahun 2014, Peraturan Bersama Jaksa Agung RI Nomor PER-005/A/JA/03/2014 dan Peraturan BNN Nomor : PERBER/01/III/2014/BNN tentang penanganan pecandu narkotika.

"Atas aturan itu kami lakukan rehabilitasi karena tak ditemukan barang bukti," jelas Heru.

Diketahui Polres Jakarta Pusat menggerebek pesta narkoba yang diduga melibatkan total 11 orang dan 1 orang di antaranya diketahui sebagai oknum pegawai Bea Cukai. Dalam penangkapan tersebut polisi menyita barang bukti berupa puluhan pil ekstasi dan 2 serbuk ketamin.

Editor : Kurnia Illahi