Tiap Hari, 673 Pengaduan Resmi Warga Berhasil Diselesaikan Pemprov DKI

Diaz Abraham ยท Jumat, 15 November 2019 - 14:30 WIB
Tiap Hari, 673 Pengaduan Resmi Warga Berhasil Diselesaikan Pemprov DKI

Pelayanan pengaduan masyarakat di Pemprov DKI Jakarta. (Foto: iNews.id/Diaz Abraham).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki 13 kanal pengaduan resmi serta aplikasi Citizen Relations Management (CRM) bagi masyarakat dan nantinya akan diselesaikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Mereka dituntut untuk bisa menyelesaikan masalah dalam waktu singkat baik berbobot besar maupun kecil.

OPD dituntut untuk mengorganisasi laporan dalam rentan waktu maksimal enam jam dan harus menyelesaikan pengaduan maksimal tujuh hari. Terhitung sejak Januari 2018 hingga September 2019, ada 186.685 laporan terselesaikan, atau bila dirata-rata selama satu hari, OPD mampu menyelesaikan 673 aduan warga.

Kualitas pelayanan OPD kepada warga telah diatur dalam Pergub No 128 Tahun 2017 dan Surat Edaran Sekretaris Daerah No 40 Tahun 2019. Standar Operasional Prosedur (SOP) mengenai waktu tindak lanjut ini harus dipatuhi oleh OPD. 

Namun, jika bobot atau tingkat kesulitan penyelesaian laporan besar, akan ada penyesuaian waktu tindak lanjut sesuai kebutuhan. Kehadiran sistem Cepat Respons Masyarakat ini memungkinkan tiap Kelurahan memiliki mini dashboard pengaduan masyarakat.

Nantinya, tiap kelurahan dapat melihat keluhan yang tiap hari masuk dan dapat segera diselesaikan melalui aplikasi CRM yang dibagi menjadi beberapa kategori, yakni permasalahan sampah, pelanggaran Perda atau Pergub, parkir liar, hingga masalah lainnya di masing-masing wilayah.

Kanal pengaduan masyarakat yang berjumlah 13 milik Pemprov DKI terdiri dari tiga kategori, yakni kanal berbasis geotagging dan kanal berbasis non geotagging alias kanal media sosial serta kanal tatap muka.

Aplikasi tersebut antara lain JAKI, aplikasi Qlue, facebook Pemprov DKI Jakarta, twitter @DKIJakarta, atau lewat email dki@jakarta.go.id, situs Balai Warga Jakarta.go.id.

Bisa juga lewat surat Gubernur, secara langsung di Pendopo Balai Kota, Kantor Inspektorat, Kantor Kelurahan, dan Kantor Kecamatan. Serta SMS ke nomor 08111272206 dan SMS ke LAPOR 1708.

Masyarakat dapat mengikuti perkembangan laporannya melalui sistem pelacakan pada situs web Pengaduan Warga di pengaduanwarga.jakarta.go.id.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal