Uji Coba Bus Berbayar di Stasiun Bogor Diminta Ditunda Sepekan

Antara · Kamis, 30 Juli 2020 - 06:34:00 WIB
Uji Coba Bus Berbayar di Stasiun Bogor Diminta Ditunda Sepekan
Bus bantuan dari pemerintah pusat di Stasiun Bogor. (Foto: Antara).

BOGOR, iNews.id - Rencana uji coba bus bantuan berbayar di Stasiun Bogor Senin, (3/8/2020) diminta agar ditunda sepekan, atau dibuat 2 opsi. Pertama uji coba berbayar, kedua tetap ada bus bantuan gratis.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor, Eko Prabowo mengatakan, informasi yang diterima dari Badan Pengeloa Transportasi Jabodetabek (BPTJ), pemerintah akan menguji coba bus bantuan berbayar dari Stasiun Bogor menuju sejumlah stasiun di Jakarta, Senin (3/8/2020).

"Kita harapkan, pada Senin 3 Agustus, masih ada bus bantuan gratis, meskipun pemerintah merencanakan mulai menerapkan uji coba bus bantuan berbayar," ujar Eko di Kota Bogor, Rabu (29/7/2020).

Dia menuturkan, Senin (3/8/2020) merupakan hari pertama kerja setelah para pegawai libur selama 3-4 hari karena Jumat (31/7/2020) Hari Raya Idul Adha, sehingga para pegawai libur.

"Banyak juga pegawai yang mulai libur pada H-1 yakni 30 Juli dan baru masuk kerja pada Senin 3 Agustus. Itu artinya, ada banyak pegawai yang libur selama empat hari dan pulang ke kampung halamannya," ucapnya.

Menurutnya, Senin (3/8/2020) akan terjadi kepadatan sangat tinggi bagi warga Kota Bogor dan sekitarnya yang akan berangkat kerja ke Jakarta menggunakan KRL.

Dia menilai, jika pemerintah mulai menerapkan bus berbayar pada Senin (3/8/2020), dikhawatirkan kepadatan calon penumpang KRL tetap tinggi. Pemerintah, kata dia akan mengiuji coba bus berbayar selama 1 bulan, sekaligus untuk mencari tahu pola pergerakan calon penumpang KRL.

Editor : Kurnia Illahi