Waspada Virus Korona, Dinkes Jakarta Siapkan 3 Rumah Sakit

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 27 Januari 2020 - 15:35:00 WIB
Waspada Virus Korona, Dinkes Jakarta Siapkan 3 Rumah Sakit
Ilustrasi rumah sakit. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov Jakarta menyiapkan tiga rumah sakit untuk menangani pasien suspect virus Korona. Rumah sakit tersebut adalah RSPI Sulianti Saroso, RSUD Tarakan, dan RSPAD Gatot Soebroto.

"Sementara ini di Jakarta ada tiga rumah sakit rujukan untuk pasien suspect virus Korona. Yaitu RSPI Sulianti Suroso, RSUD Tarakan, dan RSPAD Gatot Soebroto," kata Kepala Dinkes DKI, Widyastuti di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Widyastuti mengatakan Dinkes Jakarta bakal menambah jumlah rumah sakit rujukan. Rencananya rumah sakit yang dekat dengan bandara dan pelabuhan akan dipersiapkan untuk menangani pasien suspect virus Korona.

BACA JUGA: Dinkes Pastikan Belum Ada Warga Jakarta Positif Terjangkit Virus Korona

"Kami sedang berupaya menyiapkan sejumlah rumah sakit tambahan agar dapat menangani pasien suspect Korona. Yang sudah kita siapkan adalah RSUD Koja dan RSUD Cengkareng yang dekat dengan Pelabuhan Internasional Tanjung Priok dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Ke depan kami akan kejar yang lain," katanya.

Widyastuti memastikan kelengkapan alat pelindung diri (APD) yang dimiliki Dinkes DKI memadai untuk menangani pasien suspect virus Korona. Dia mengatakan sudah menyiapkan APD tersebut mulai dari puskesmas hingga rumah sakit.

BACA JUGA: Virus Corona Diduga Papar Karyawan Huawei di Gedung BRI, Ini Kata Bank BRI

"Kami juga mengundang kembali mereka untuk mengingatkan bagaimana cara pemakaian APD termasuk cara pengambilan spesimen. Karena spesimen pemeriksaan ini hanya bisa dilakukan di Litbangkes, tapi yang penting sumber daya manusia di puskesmas atau rumah sakit mengetahui tata cara pengambilan dan pengiriman sampel," ujarnya.

Sebelumnya beredar kabar dua pasien suspect virus Korona ditemukan di Jakarta yaitu di Gedung BRI Pusat dan RSPI Sulianti Saroso. Pemeriksaan terhadap dua kasus itu menunjukkan pasien negatif virus Korona.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda