151.000 APD Telah Didistribusikan ke Sejumlah Daerah

Felldy Utama ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 11:16 WIB
151.000 APD Telah Didistribusikan ke Sejumlah Daerah

Tangkapan layar Paban IV/Operasi Dalam Negeri Staf Operasi TNI Kolonel Infantri Aditya Nindra Pasha.

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 memperbarui jumlah data alat pelindung diri (APD) yang telah terkumpul. Hingga saat ini, APD tersebut berjumlah 170.000 yang nantinya akan didistribusikan ke seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan skala prioritas.

Paban IV/Operasi Dalam Negeri Staf Operasi TNI Kolonel Infantri Aditya Nindra Pasha menyampaikan dari 170 ribu APD, 151.000 di antaranya sudah didistribusikan ke daerah yang membutuhkan pagi ini.

"Bahwa dari stok alat pelindung diri yang ada di gudang Gugus Tugas nasional yang ada di Lanud Halim Perdana Kusuma dari 170.000 stok alat pelindung diri yang ada, sampai dengan pagi ini sudah terdistribusi 151.000 sehingga cadangan nasional yang ada adalah 19.000," kata Aditya jumpa persnya, Gedung BNPB, Jumat (27/3/2020).

Aditya memastikan, APD tersebut sudah dialokasikan ke sejumlah Provinsi di Indonesia. Adapun provinsi tersebut seperti, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Dia menjelaskan APD ini nantinya akan didistribusi dengan dua skema. Sejumlah APD akan didistribusikan ke daerah yang aksesnya terbilang sulit, yakni Papua, Papua Barat dan daerah perbatasan melalui TNI.

"Pertama, alat pelindung diri tersebut akan didorong khususnya kepada daerah yang memiliki kesulitan transportasi dalam hal ini TNI telah membantu untuk mendukung pelaksanaan pemdistribusian ke wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat kemudian juga di beberapa daerah yang berada di wilayah perbatasan," ujarnya.

Kemudian, skema kedua yakni masing-masing Provinsi diminta mengirim penghubung dari wilayah yang berada di DKI Jakarta. Nantinya, APD tersebut dapat diambil langsung dan diangkut ke daerah masing-masing.

"Kemudian mereka datang langsung untuk mengambil alat pelindung diri tersebut dibantu oleh beberapa alat angkut yang disiapkan oleh TNI yang berada atau berasal dari masing-masing wilayah," katanya.


Editor : Djibril Muhammad