217 Peserta UTBK di UPN Veteran Jakarta Gugur, Apa Sebabnya?

puti aini yasmin ยท Jumat, 20 Mei 2022 - 17:53:00 WIB
217 Peserta UTBK di UPN Veteran Jakarta Gugur, Apa Sebabnya?
217 Peserta UTBK di UPNVJ Gugur, Apa Sebabnya?

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 217 peserta dinyatakan gugur dalam pelaksanaan UTBK SBMPTN di UPN Veteran Jakarta. Angka tersebut dihitung sejak hari pertama, Selasa (17/5) hingga hari ketiga, Kamis (19/05). Apa sebabnya?

Menurut Kepala Humas UPNVJ Windhi Tia Saputra sebanyak 3.982 orang mengikuti proses ujian. Namun, 217 orang lainnya justru tidak mengikuti ujian atau tidak datang sehingga dinyatakan gugur.

Windhi mengaku tidak mengetahui alasan para peserta tidak hadir dalam pelaksanaan ujian. Namun, ia menyayangkan ketidakhadiran tersebut.

"“Ya sayang sekali, karena UTBK ini kan momentum penting bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi lanjut ke jenjang perguruan tinggi negeri. Semoga di beberapa waktu ke depan seluruh peserta bisa hadir sampai periode ujian selesai," ucap dia dikutip dari laman resmi UPNVJ, Jumat (20/5/2022).

Selain itu, kata Windhi, banyak juga peserta yang melakukan pelanggaran di pusat UTBK UPNVJ, misalnya menggunakan pakaian yang sopan atau tidak layak ujian, seperti kaos oblong, sandal hingga celana olahraga (training).

Ada juga peserta yang tidak membawa kartu identitas diri dan dokumen kelulusan serta kartu ujian. Padahal, dokumen tersebut merupakan syarat dalam mengikuti ujian.

"Untuk aturan mengenai pakaian ujian ini kami mengikuti aturan dari LTMPT dan sebelum pelaksanaan ujian sudah kami informasikan di laman resmi serta sosial media UPNVJ”, katanya.

Sementara itu, UTBK SBMPTN dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama berlangsung dari 17-23 Mei 2022. Kemudian, gelombang kedua berlangsung dari 28 Mei-3 Juni 2022.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda