3 Level Gerak Tari Beserta Pengertian dan Contohnya

Kezia Veronica Corne ยท Jumat, 19 Agustus 2022 - 17:17:00 WIB
3 Level Gerak Tari Beserta Pengertian dan Contohnya
Level Gerak Tari

JAKARTA, iNews.id – Level gerak tari menjadi salah satu materi dalam pelajaran seni budaya. Seni tari merupakan salah satu kesenian yang menggunakan gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat serta waktu tertentu untuk mengungkapkan perasaan, maksud, serta pikiran.

Dalam kesenian tari, terdapat level gerak tari yang biasa digunakan dengan tujuan menciptakan pola dinamis terhadap kelompok penari. Terdapat 3 level gerak tari, namun sebelum mengenal level gerak tari lebih jauh lagi, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Level Gerak Tari Sebutkan 3 Levelnya?

Dikutip dari buku `Seni Budaya` untuk SMP/MTs Kelas VII terbitan Grasindo, level dalam gerak tari adalah tinggi rendahnya gerak tari yang dilakukan. Penggunaan level pada gerak tari berhubungan erat dengan ruang, waktu, dan tenaga.

Level gerak yang dilakukan oleh sekelompok penari dapat membentuk kesan yang unik, serta desain bawah dan atas. Desain ini dapat memberikan kesan yang dinamis terhadap gerak yang dilakukan oleh sekelompok penari.
Selain itu, level gerak dapat juga berfungsi menunjukkan tokoh dalam penampilan tari. Setiap tarian, khususnya tari daerah memiliki kesamaan pada level, baik itu tinggi, sedang, maupun rendah.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda