5 Berita Terpopuler: Thailand Cegat Pesawat Militer Myanmar hingga Presiden Jokowi dan Iriana Diberi Bunga oleh Pejabat Rusia

Tika Vidya Utami ยท Jumat, 01 Juli 2022 - 08:54:00 WIB
5 Berita Terpopuler: Thailand Cegat Pesawat Militer Myanmar hingga Presiden Jokowi dan Iriana Diberi Bunga oleh Pejabat Rusia
Thailand mengerahkan dua jet tempur F-16 untuk mencegat pesawat militer Myanmar yang melanggar perbatasan (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Thailand mengerahkan jet tempur guna mencegat pesawat militer Myanmar yang melanggar wilayahnya, Kamis (30/6/2022). Dua jet tempur F-16 dikerahkan usai radar mendeteksi satu pesawat militer Myanmar masuk wilayah udara. Juru Bicara Angkatan Udara, Thailand Prapat Sonjaidee mengatakan, pesawat militer Myanmar melanggar wilayah udara ketika menggempur kelompok etnis di perbatasan.

Berita terpopuler lainnya adalah Presiden Jokowi dan Iriana diberi bunga oleh Pejabat Rusia. 

Berikut rangkuman berita terpopuler pada Jumat (1/7/2022):

1. Thailand Kerahkan Jet Tempur F-16 Cegat Pesawat Militer Myanmar

Thailand mengerahkan jet tempur guna mencegat pesawat militer Myanmar yang melanggar wilayahnya, Kamis (30/6/2022). Dua jet tempur F-16 dikerahkan usai radar mendeteksi satu pesawat militer Myanmar masuk wilayah udara. Juru Bicara Angkatan Udara, Thailand Prapat Sonjaidee mengatakan, pesawat militer Myanmar melanggar wilayah udara ketika menggempur kelompok etnis di perbatasan. Ia juga mengatakan, militer telah memerintahkan atase pertahanan Kedubes Thailand guna melayangkan protes ke pemerintah Myanmar.

Seorang saksi di Thailand melihat jet tempur terbang di dua desa berjarak sekitar 5 kilometer dari perbatasan Myanmar. Hal ini memicu kepanikan penduduk Thailand. Sebuah sekolah pun terpaksa meminta para siswa mengungsi ke tempat yang aman. Sementara itu, Angkatan Udara Thailand mengatakan, salah satu atasenya di Yangon diinstrusikan untuk memberi peringatan kepada otoritas terkait di Myanmar dan meminta jaminan agar kejadian tidak terulang lagi.

Sejauh ini pemerintahan junta Myanmar belum memberikan keterangan atas insiden menegangkan ini. Militer Myanmar meningkatkan operasi terhadap kelompok etnis minoritas bersenjata sejak kudeta pada 2021. 

2. Ledakan di Kuta Bali

Ledakan terjadi di Lalasa Villas Jalan Pemelisan Agung, Kuta Utara, Bali, Kamis (30/6/2022). Diketahui, satu orang terluka akibat insiden ini. Korban merupakan sekuriti villa yang terluka di bagian lengan. Ledakan diduga disebabkan bocornya saluran tabung gas elpiji di bagian restoran. Ledakan diikuti munculnya semburan api.

Kerasnya ledakan membuat ruang lobi dan restoran vila yang berada di lantai satu porak poranda. Dua unit mobil ikut pecah di bagian kaca depan. Hampir seluruh bangunan dan properti vila hancur. Kerugian diperkirakan Rp300 juta. Penyelidikan masih dilakukan untuk memastikan penyebab ledakan. 

3. Anjing Siberian Husky di Surabaya Serang dan Makan Kucing Liar

Media sosial diramaikan dengan munculnya video tiga ekor anjing jenis siberian husky yang memakan kucing liar. Video ini pun viral di media sosial. Berdasar pantauan di Instagram, Kamis (30/6/2022), video diunggah akun @pusatkucingid. Video berdurasi kurang dari 20 detik itu memperlihatkan seorang warga merekam anjing yang sedang memakan kucing liar.

Awalnya ada dua anjing siberian husky sedang menggigit seekor kucing. Kedua anjing itu terlihat berada di sebuah gang perumahan. Mereka berada di tengah jalan sementara di samping kanan dan kirinya terlihat rumah warga. Anjing dengan tubuh besar dengan kelir bulu dominan putih terlihat menggigit kucing kecil berwarna putih. Anjing tampak menggigit bahkan tubuh si kucing dilempar hingga terkapar. Tiba-tiba, keluar satu anjing dengan jenis yang sama dari dalam rumah warga.

Ketiga anjing itu tampak menggigit dan diduga memakan kucing liar yang sudah dalam kondisi mati. Berdasar keterangan unggahan video, insiden itu terjadi di Perumahan Rungkut Asri, Surabaya, Jawa Timur.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda