5 Contoh Teks Eksplanasi Singkat tentang Fenomena Sosial Beserta Strukturnya Lengkap

Assyifa Nurul Aini ยท Jumat, 12 Agustus 2022 - 18:03:00 WIB
5 Contoh Teks Eksplanasi Singkat tentang Fenomena Sosial Beserta Strukturnya Lengkap
belajar contoh teks eksplanasi singkat tentang fenomena sosial

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks eksplanasi singkat tentang fenomena sosial wajib dipelajari setiap siswa agar bisa memahami pelajaran bahasa Indonesia.Namun, apa saja yang harus ditulis di dalam teks tersebut? Simak penjelasan di sini. 

Teks eksplanasi berdasarkan isinya dapat berupa fenomena alam dan fenomena sosial, biasanya berisi tentang bagaimana fenomena itu bisa terjadi, mengapa fenomena itu terjadi, mengapa suatu fenomena menjadi sama atau berbeda, dan bagaimana mengatasi atau menyelesaikan suatu fenomena tersebut.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Fenomena Sosial

  • Contoh judul eksplanasi singkat beserta strukturnya, judul: Kemacetan Lalu Lintas

[Pernyataan Umum]
Kemacetan merupakan suatu keadaan yang ramai hingga berhentinya kendaraan di arus lalu lintas. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, salah satu kota yang seringkali menjadi pusat kemacetan adalah Kota Jakarta.

[Urutan Peristiwa Sebab/ Akibat]
Penyebab kemacetan yang utama adalah penumpukan jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan. Selain itu, disebabkan oleh kendaraan yang parkir sembarangan di pinggir jalan dan pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan membuat kemacetan jika orang berhenti membelinya, sehingga berakibat pengguna lain harus terpaksa jalan dengan lebar jalan yang tidak sesuai. 

[Interpretasi]
Setiap orang dapat mengatasi kemacetan yang terjadi, jika memiliki pemikiran untuk menaiki transportasi umum. Kemacetan juga dapat diatasi dengan cara membuat penggunaan jalur satu arah, memperbanyak kendaraan umum yang memadai, dan melanggar pedagang kaki lima berjualan di pinggir jalan. 

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda