5 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Antisipasi Kerusuhan, Nomor 4 Krusial

Ajeng Wirachmi ยท Kamis, 06 Oktober 2022 - 14:30:00 WIB
5 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Antisipasi Kerusuhan, Nomor 4 Krusial
Lima hal yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi kerusuhan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu menjadi sorotan dunia. Sebab, korban tewas yang berjatuhan tergolong sangat banyak yakni melebihi 131 orang dan ratusan lainnya mengalami luka-luka. 

Setelah peristiwa itu terjadi, satu pelajaran yang dapat diambil adalah pentingnya memperhatikan hal-hal ketika datang ke tempat ramai, apalagi pertandingan-pertandingan besar. Berikut adalah 5 hal yang wajib diperhatikan saat berada di tempat ramai:

1. Pandai Membaca Situasi

Sebelum memutuskan untuk pergi ke tempat ramai, seperti pertandingan sepak bola atau acara musik, sudah menjadi keharusan bagi pengunjung untuk membaca situasi. Apabila berencana untuk datang ke pertandingan sepak bola dengan rivalitas pendukung yang sangat kuat seperti Persija Jakarta dan Persib Bandung, usahakan jangan menggunakan atribut yang mencolok dan terlalu menarik perhatian. 

Sementara itu, ada baiknya jika tidak datang ke lokasi pertandingan seorang diri. Minimal mengajak 1 orang lainnya untuk mendampingi. Jadi, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusuhan, bisa saling membantu dan menjaga satu sama lain. 

2. Ketahui Jelas Lokasi Pintu Keluar

Hal selanjutnya adalah mengetahui letak tempat-tempat penting di lokasi, seperti stadion pertandingan yang didatangi. Tempat tersebut utamanya adalah pintu keluar atau exit gate. 

Jika sudah tahu jelas di mana lokasi pintu keluar, maka upaya penyelamatan diri akan lebih mudah dilakukan dalam suasana membahayakan. Apabila keberadaan pintu keluar tidak bisa dideteksi, usahakan untuk mencari tahu letak pintu atau tangga darurat. 

3. Segera Tinggalkan Lokasi Apabila Ada Kejadian Nonbencana

Sebagai seorang pengunjung atau penonton sebuah pertandingan, ada baiknya segera meninggalkan lokasi apabila sudah melihat tanda-tanda kerusuhan. Tentunya, kita tidak perlu harus mengetahui apa yang sedang terjadi, dan lebih baik langsung beranjak dari tempat tersebut.

Contohnya adalah pada kasus kerusuhan dalam pertandingan sepak bola. Penonton bisa dengan mudah mengindikasi bahwa tensi pertandingan dan pihak pendukung sudah mulai panas. Apabila telah merasa sudah tidak nyaman dan kondisi tak mampu dikontrol, langsung tinggalkan stadion. Tetap atur napas sembari berjalan ke arah pintu keluar yang ada.

Nomor 4 paling penting...

4. Jika Terjadi Kerusuhan, Usahakan Jangan Panik

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda