500 Relawan Telah Disuntik dalam Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac-Bio Farma

Dita Angga, Sindonews · Rabu, 02 September 2020 - 00:07:00 WIB
500 Relawan Telah Disuntik dalam Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac-Bio Farma
Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terus mengawal pengembangan vaksin kerja sama antara Bio Farma dan Sinovac secara regulatory. Uji klinis fase 3 vaksin ini dimulai sejak 11 Agustus 2020.

Kepala BPOM, Penny Lukito mengatakan hal itu dimulai dengan memberi persetujuan dalam penyusunan protokol uji klinis. Selanjutnya BPOM dipastikan melakukan pengawasan saat pelaksanaan uji klinis.

"Kemudian evaluasi hasil uji klinis untuk pemberian emergency use authorization atau izin pada masa darurat. Dan persiapan sarana produksi di Bio Farma untuk melakukan transfer teknologinya dalam rangka pengembangan menjadi produk komersial,” ucapnya dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (1/9/2020).

Dia melihat fase ketiga uji klinis ini mendapat dukungan yang baik oleh pemerintah dan masyarakat. Penny juga memastikan pengembangan vaksin ini masih dalam jalur yang benar.

“Saya kira ini akan memberikan hasil yang baik tentunya sesuai dengan rencana,” ujarnya.

Dia mengatakan dari 1.620 relawan yang dibutuhkan dalam uji klinis sudah ada 1.800 yang mendaftar. Sementara hingga akhir Agustus 2020 sudah ada ratusan relawan yang mendapatkan penyuntikan kandidat vaksin.

“Dan hingga akhir Agustus 2020 ini terdapat kurang lebih 500 subjek yang telah direkrut dan sudah mendapatkan penyuntikan,” ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama