6 Fakta Kapten Inf Teddy Indra Wijaya, Prajurit Berkualifikasi Pasukan Elite AS Pernah Kawal Jokowi

Felldy Utama ยท Selasa, 07 April 2020 - 19:00 WIB
6 Fakta Kapten Inf Teddy Indra Wijaya, Prajurit Berkualifikasi Pasukan Elite AS Pernah Kawal Jokowi

Kapten Infanteri Teddy Indra Wijaya berhasil menyematkan Tab Ranger usai mengikuti Sekolah Ranger di Amerika Serikat (AS). (Foto: Puspen TNI).

JAKARTA, iNews.id - Prajurit TNI kembali mencatat prestasi harum di mancanegara. Kali ini diukir Kapten Inf Teddy Indra Wijaya yang mampu menyematkan Tab Ranger di lengan kirinya seusai mengikuti pendidikan di Amerika Serikat.

Tab Ranger yang disandang Kapten Teddy sekaligus menjadikannya sebagai salah satu perwira TNI AD yang berhasil meraih kualifikasi pasukan elite Angkatan Darat AS (US Army).

"Pendidikan itu diikuti oleh tentara yang telah terpilih paling fit, baik secara fisik dan mental. Untuk persentase kelulusan sekolah selama ini berkisar 20-25 persen dari seluruh jumlah siswa pada periode pendidikan tersebut," kata Atase Militer Darat RI untuk AS Kolonel Inf Hendri, Minggu (5/4/2020).

United States Army Ranger School atau kursus Ranger merupakan pendidikan taktik dan kepemimpinan unit kecil yang berlangsung selama 62 hari. Kursus ini mengembangkan keterampilan fungsional dalam pertempuran jarak dekat maupun langsung. Tidak sembarang orang dapat ikut dan lulus dari pendidikan ini.

Berikut sosok Kapten Inf Teddy Indra Wijaya:

1. Lulusan Akmil 2011.

Kapten Inf Teddy Indra Wijaya merupakan alumnus Akademi Militer 2011. Rekan angkatannya antara lain Kapten Czi Hendrik Pardamean Hutagalung, Danki A Yon SSY Kostrad. Selain itu, Kapten Kapten Inf AR Razi Furqon Daya Dalimunte yang ditunjuk sebagai Komandan Paskibraka di Istana Merdeka, 17 Agustus 2019.

2. Asisten Ajudan Jokowi.

Teddy terpilih sebagai asisten ajudan Presiden Joko Widodo. Dalam akun resmi YouTube Presiden Jokowi, Teddy menceritakan proses menempati tugas tersebut.

Dalam video berjudul Sang Asisten Ajudan Presiden, Teddy mengisahkan bahwa asisten ajudan diseleksi dari tiga matra TNI (AD, AL, AU) dan Polri. Dia kemudian terpilih mewakili TNI. Saat itu dia masih berpangkat Lettu.

3. Anggota Paspampres.

Teddy merupakan anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Apa bedanya bertugas sebagai Paspampres dan ajudan presiden? Menurut dia, Paspampres lebih terfokus pada pengamanan, sementara ajudan mengawal kegiatan sehari-hari presiden agar dapat bekerja lancar dan nyaman.

4. Siraman Pernikahan Dihadiri Jokowi.

Teddy mempersunting pujaan hatinya, Wita Nidia Hanifah, pada 2018 di Jakarta. Prosesi siraman menyita perhatian karena dihadiri Presiden Jokowi. Bahkan mantan wali kota Solo itu juga menyiramkan air bunga kepada Teddy.

5. Lulusan Terbaik Sekolah Infanteri Fort Benning, AS.

Atase Militer Darat RI untuk AS Kolonel Inf Hendri memberitakan Teddy menjadi lulusan terbaik US Army Infantry School di Fort Benning, AS, pada November 2019. Berdasarkan laman TNI, Teddy juga disebut menyabet tiga penghargaan sekaligus.

6. Prajurit Ranger.

Teddy berhasil menyelesaikan pendidikan Ranger di AS. Menurut Hendri, Teddy dan rekan-rekannya dinyatakan lulus sebagai prajurit Ranger terpilih dan terlatih setelah Komandan Brigade Batalyon Latihan Ranger Kolonel Michael Scarpula menutup pendidikan tersebut.

"Congratulation for the Ranger Tab, Ranger is not for everyone. As your creed, You are specially selected and well trained soldier. Ranger lead the way," kata Hendri, mengutip pernyataan Scarpula saat menyematkan Tab Ranger pada lengan kiri siswa yang lulus.

Editor : Zen Teguh